Luapan Kali Lamong Kembali Rendam 3 Kecamatan di Gresik Selatan

Luapan Kali Lamong Kembali Rendam 3 Kecamatan di Gresik Selatan Kondisi banjir luapan Kali Lamong yang merendam wilayah Gresik Selatan. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kali Lamong yang membentang di wilayah Gresik Selatan kembali meluap, Selasa (7/1). Akibatnya, sejumlah desa di tiga kecamatan terendam banjir. Tiga kecamatan tersebut adalah Balongpanggang, Benjeng, dan Cerme.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Tarso Sagito, untuk Kecamatan Balongpanggang desa terendam adalah Banjaragung, Desa Pucung. "Di desa ini perkiraan kerugian Rp 100 juta karena ada puluhan hektare sawah dan rumah warga yang terendam," kata Tarso kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (7/1).

Kemudian, Desa Wotansari, Desa Sekarputih, dan Desa Karang Semanding dengan taksir kerugian sekitar Rp 80 Juta.

Sementara di Kecamatan Benjeng, meliputi Desa Delik Sumber,  Desa Kedungrukem, Desa Karangan Kidul, Desa Banter, dan Desa Munggugianti. Ratusan hektare sawah dan rumah tergenang banjir di wilayah tersebut, di samping jalan lingkungan.

Sedangkan di Kecamatan Cerme, yang terendam adalah Desa Guranganyar, Desa Dadapkuning, Desa Dungus, Desa Morowudi, Desa Iker-Iker Geger, dan Desa Kandangan. "Termasuk Puskesmas Dadapkuning, dan puluhan hektare tambak di wilayah Cerme terendam banjir," pungkas Tarso. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO