Dua Hari Hulu Sungai Diguyur Hujan, Kali Lamong Meluap Genangi Belasan Rumah dan Sawah Warga

Dua Hari Hulu Sungai Diguyur Hujan, Kali Lamong Meluap Genangi Belasan Rumah dan Sawah Warga Kondisi banjir akibat meluapnya Kali Lamong yang merendam sejumlah desa di Kecamatan Dawarblandong, Mojokerto.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Setelah dua hari wilayah hulu Sungai Lamong Mojokerto di wilayah Utara diguyur hujan, debit air Sungai Lamong kembali naik. Akibatnya, belasan rumah warga, jalan perkampungan, dan sawah di dua desa di wilayah Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto teredam banjir, Selasa (07/01).

Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mojokerto, Muhammad Zaini menjelaskan dampak Sungai Lamong yang meluap ini merendam belasan rumah warga di Desa Pulorejo dan Desa Banyulegi. Ketinggian air di rumah warga sekitar 20-60 sentimeter.

"Untuk di Dusun Klanting, Desa Pulorejo ada 6 rumah dan seluas 20 hektare sawah yang terkena banjir. Sedangkan di Dusun Balong, Desa Banyulegi ketinggian air sekitar 20-30 sentimeter yang menggenangi 12 rumah warga dan 25 hektare sawah," terangnya.

Mengantipasi banjir, pihaknya melibatkan tim TRC BPBD Kabupaten Mojokerto untuk melakukan pemantauan di lokasi terdampak banjir.

Pasalnya, peningkatan debit air sungai Lamong ini disinyalir karena hujan deras pada malam sebelumnya yang mengguyur di kawasan hulu Sungai Lamong.

Diinformasikan, di lokasi masih belum terlihat ada pendistribusian bantuan. Hanya ada perahu karet yang disiagakan di lokasi. (sof/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO