Selasa, 26 Mei 2020 08:02

Melanggar, Baliho Bacabup di Tuban Mulai Ditertibkan

Senin, 06 Januari 2020 19:18 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Melanggar, Baliho Bacabup di Tuban Mulai Ditertibkan
Petugas Satpol PP Tuban saat membongkar salah satu baliho milik bakal calon bupati.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Dinilai melanggar Peraturan Daerah (Perda) nomor 16 tahun 2014, delapan baliho berukuran besar milik Bakal Calon Bupati (Bacabup) yang terpasang di wilayah perempatan Jalan Wahidin Sudiro Husodo dan perempatan pramuka ditertibkan Satpol PP Tuban dan Kesbangpol, Senin (6/1).

Kepala Satpol PP Tuban, Heri Muharwanto mengatakan, pencopotan baliho tersebut dilakukan karena pemasangannya menyalahi aturan. Selain itu, penertiban ini merujuk laporan salah satu pengusaha papan reklame berizin. Sebab, reklamenya tertutup baliho bacabup berukuran besar.

"Penertiban gambar-gambar bacabup ini setelah kami koordinasi dengan kantor Kesbangpol," tutur Heri.

Alasan lain, karena gambar atau baliho tersebut termasuk golongan reklame. Sehingga harus legal dan ada retribusi pada pemerintah.

"Oleh sebab itu, ke depan setelah penertiban akan kami tindaklanjuti dengan mengumpulkan para partai politik maupun tim sukses (TS). Pada Jum'at besok kami akan undang dan diberikan sosialisasi serta pembinaan," terang Heri.

Ia menjelaskan, sesuai Perda Nomor 16 Tahun 2014 dalam pemasangan baliho tidak diperkenankan memasang gambar yang dikaitkan atau ditali. Apalagi dipaku pada pohon-pohon penghijauan. Selain itu, pemasangan juga tidak boleh dikaitkan dengan tiang listrik, tiang telepon, dan jembatan-jembatan.

"Fasum-fasum itu tak boleh digunakan untuk mengikat baliho-baliho itu," jelasnya.

Senada dengan Heri, Kepala Kesbangpol Tuban Didik Purwanto menjelaskan pihaknya akan melakukan sosialisasi dan pembinaan setelah kegiatan penertiban ini. Ia mengatakan baliho-baliho itu akan dikembalikan ke pemiliknya masing-masing pada Jum'at depan.

"Ya sekalian koordinasi dan sosialisasi bersama Dinas Penanaman Modal PTSP Naker dan DPPKAD kaitannya perizinan serta retribusi," ungkapnya.

Didik meminta kepada seluruh tim sukses agar mengikuti peraturan soal pemasangan baliho. "Kita harapkan semua tim sukses bisa memahami dan mentaati aturan pemasangan baliho calon bupati di Pilkada Tuban 2020, sehingga tidak ada pihak apapun yang dirugikan," beber Didik. (gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Sabtu, 23 Mei 2020 23:28 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...