Senin, 06 April 2020 11:29

Pemkab Sidoarjo Kupas Soal Pembiayaan KPBU di Seminar Mahasiswa Umsida

Selasa, 31 Desember 2019 00:59 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Pemkab Sidoarjo Kupas Soal Pembiayaan KPBU di Seminar Mahasiswa Umsida
BAHAS SKEMA ALTERNATIF: Seminar tentang pembiayaan KPBU di kampus Umsida, Senin (30/12). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo berupaya memberikan gambaran tentang Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sebagai alternatif pembiayaan pembangunan di kalangan mahasiswa.

Itu dilakukan dalam Seminar bertema Eksistensi Mahasiswa Dalam Membangun Sidoarjo yang digelar di kampus Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Senin (30/12).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sidoarjo, Ari Suryono sebagai pemateri, menjelaskan soal KPBU tersebut. "KPBU bukan hal yang baru di pemerintahan RI," cetus Ari Suryono.

Ia mengungkapkan beberapa proyek pemerintah yang dilakukan dengan skema KPBU, di antaranya pembangunan jalan tol di Indonesia. Salah satunya, jalan tol menuju Malang.

Dijelaskan Ari, pilihan memakai KPBU, karena pemerintah tidak bisa bergantung hanya dengan dana APBD dan APBN. Sehingga perlu alternatif pembiayaan untuk pembangunan, yang pembiayaannya dibagi dengan sektor swasta.

Ari berharap melalui seminar ini, mahasiswa bisa berdiskusi secara langsung soal skema KPBU, sehingga tidak hanya mendapatkan gambaran dari media massa maupun media sosial.

Ari juga menyampaikan alasan pemkab berencana membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Barat memakai skema KPBU. "Karena kita yakin dengan manajemen lebih modern dan operasional oleh swasta, risiko juga akan dibagi pemerintah dan swasta," bebernya.

Selain efisiensi, dengan KPBU, ada Transfer of Knowledge dari pihak swasta yang mengelola RSUD Barat selama 10 tahun, dan akan diserahkan ke pemkab.

"Selain itu ada potensi investasi di mana pemerintah melibatkan sektor swasta dan memperoleh keuntungan dengan berbagi risiko. Dan ini demi keberlangsungan pembangunan di Sidoarjo," urainya.

Ari menegaskan, KPBU bukan pengalihan aset, karena aset tetap milik pemkab. Ari juga membandingkan skema KPBU dengan pembiayaan APBD.

"Kalau KPBU, risiko diambil keseluruhan satu kali dibagi sepuluh. Dan pembayarannya dilakukan setelah operasional. Tapi kalau APBD, pemkab harus mengeluarkan uang mulai tahun pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya," tandas Ari.

Seminar ini juga menghadirkan Ketua Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Jatim, Handoko Teguh Wibowo. Handoko memberikan paparan terkait upaya revitalisasi kawasan Porong pasca bencana luapan lumpur.

Seminar ini juga dihadiri Bupati Sidoarjo Saiful Ilah sebagai Keynote Speaker. "Melalui forum diskusi ilmiah yang digelar ini, mahasiswa akan mendapatkan penjelasan sekaligus solusi," cetus Bupati seraya berharap mahasiswa memahami tema yang dibahas dan bisa menyampaikannya ke masyarakat. (sta/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...