Senin, 17 Februari 2020 14:13

Perwakilan Ormas Pacitan Siap Daftarkan Paslon Independen ke KPU

Rabu, 18 Desember 2019 12:06 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Perwakilan Ormas Pacitan Siap Daftarkan Paslon Independen ke KPU
Perwakilan Ormas Panji-panji Hati saat mendatangi KPU Pacitan. (foto: Yuniardi Sutondo/BO)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Perwakilan masyarakat yang mengatasnamakan Panji-Panji Hati, mendatangi Sekretariat KPU Pacitan, Rabu (18/12). Mereka hendak menyampaikan surat mandat terkait rencana majunya pasangan bakal calon perseorangan dalam pemilu bupati dan wakil bupati Pacitan 2020.

Yudo Susanto, Koordinator Ormas Panji-panji Hati mengatakan bakal calon yang hendak maju jalur independen itu atas nama Asto Sujarwo yang beralamatkan di Desa Wiyoro, Kecamatan Ngadirojo sebagai calon bupati. Sedangkan wakilnya, atas nama Wiyoto Kasmin warga Dusun Nglarangan, Desa Punung, Kecamatan Punung.

"Kami menginginkan adanya calon yang benar-benar murni dari aspirasi masyarakat, bukan dari kader parpol. Sebab, selama ini kita selalu dipimpin oleh bupati yang diberangkatkan dari parpol. Di era ini kita mencoba memunculkan jago yang berangkat dari jalur independen," katanya, sesaat setelah menyerahkan surat mandat.

Lantas bagaimana dengan syarat dukungan yang ditetapkan sebanyak 40.041? Yudo mengaku optimis bisa melampaui ambang batas syarat tersebut. Bahkan di akhir Desember ini, ia bersama tim menargetkan bisa mengumpulkan sebanyak 50 ribu dukungan yang dibuktikan dengan KTP.

Detik ini, lanjut dia, sudah terkumpul sebanyak 3.000 dukungan yang tersebar di 4 kecamatan. "Januari 2020 kita targetkan sebanyak 100 ribu dukungan. Kami tidak akan membebani calon dari sisi pembiayaan. Namun ini murni aspirasi masyarakat, mereka lah yang secara sukarela akan memberikan sumbangsih pembiayaan," jelasnya.

Sementara itu, Kordiv Teknis Penyelenggaraan KPU Pacitan, Agus Susanto membenarkan adanya perwakilan ormas yang telah menyampaikan surat mandat dan meminta penjelasan terkait prasyarat calon perseorangan.

"Memang masih ada pembenahan surat mandat yang harus mereka perbaiki. Namun pada prinsipnya, KPU terbuka menerima aspirasi masyarakat yang berkeinginan untuk berkonsultasi mengusung pasangan calon perseorangan tersebut," ujar Agus di tempat terpisah.

Sebagaimana tahapannya, lanjut Agus, syarat dukungan tersebut harus sudah diterima KPU mulai tanggal 19 hingga 23 Februari 2020 mendatang. "Kita tunggu proses kelengkapan. Yang pasti KPU bekerja sesuai aturan dan tahapan yang ada," tandasnya. (yun/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Kamis, 13 Februari 2020 12:49 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanTebar pesona! Itulah yang kini gencar dilakukan para calon wali kota Surabaya. Senyum mereka bertebaran di mana-mana. Di media sosial. Di baliho. Di media massa. Bahkan di selempitan koran.Bukan hanya senyum. Juga janji-janji. S...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...