Dituding Curi Listrik dan Didenda Rp 2 Juta, Warga Jember Ini Ancam Laporkan PLN ke DPR RI

Dituding Curi Listrik dan Didenda Rp 2 Juta, Warga Jember Ini Ancam Laporkan PLN ke DPR RI Petugas pencatat meteran memeriksa meteran yang ada di rumah Martin.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Seorang warga , Martin Rachmanto merasa dirugikan terkait penghitungan biaya listrik di rumahnya, Senin (2/12/2019). Warga yang tinggal di Perumahan Pondok Bedadung Indah Kebonsari Blok X-1, kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari ini mengaku terpaksa membayar denda tagihan listrik hingga Rp 2 juta lebih, disebabkan adanya perubahan daya listrik di rumahnya yang secara tiba-tiba.

Martin menjelaskan, denda tersebut ia tanggung setelah menilai dirinya telah mencuri listrik di luar daya saluran listrik yang ada di rumahnya.

"Daya listirik di rumah sebesar 900 watt, tetapi tiba-tiba kemampuan konsumsi daya listrik menjadi 2.200 watt. Saya juga tidak merasa mengajukan atau menaikkan dayanya secara sengaja," kata Martin saat dikonfirmasi wartawan.

Perubahan daya ini, lanjut Martin, diduga karena alat pembatas daya yang seharusnya 6 ampere, tiba-tiba berubah menjadi 12 ampere. "Saya sebagai konsumen sudah beberapa kali mengadukan ini ke petugas pencatat meteran , dan petugas penertiban pemakaian tenaga listrik (P2TL)," sambungnya.

Dari laporan tersebut, petugas pencatat meter menyarankan Martin melapor ke . "Dari petugas P2TL menjelaskan bahwa kabel saluran yang ada di masing-masing titik lampu rumah terlampau kecil. Harus dirubah ke ukuran yang lebih besar agar saluran listrik lancar, tidak panas, tanpa hambatan, sehingga tidak berpengaruh pada biaya meter," paparnya.

Namun, Martin merasa jawaban tersebut tidak memuaskan dan tidak sedikit pun mewakili , terlebih lagi dirinya mengaku tidak pernah ada kendala terkait aliran listrik di rumahnya.

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO