Pilbup Gresik 2020: Lima Parpol di Gresik Jajaki Poros Tengah

Pilbup Gresik 2020: Lima Parpol di Gresik Jajaki Poros Tengah Ketua DPD Golkar Gresik Ahmad Nurhamim bersama Ketua DPC PD Gresik Eddy Santoso saat diskusi membahas koalisi parpol poros tengah. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Partai politik (Parpol) di Kabupaten Gresik mulai melakukan penjajakan koalisi menjelang gelaran . Ketua DPC Partai Demokrat (PD) Gresik, Eddy Santoso mengungkapkan sudah ada lima parpol yang tengah melakukan penjajakan.

"Kami akan membentuk parpol poros tengah," ujar Eddy kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (12/11).

Menurut Eddy, lima parpol yang tengah melakukan penjajakan untuk berkoalisi adalah Demokrat, Golkar, PPP, PAN, dan Nasdem. "Petinggi lima parpol ini intens membangun komunikasi untuk membentuk koalisi poros tengah ini," terang Ketua Fraksi Demokrat DPRD Gresik ini.

Eddy mengungkapkan, sementara ini ada 2 bakal calon bupati (bacabup) yang diajukan 5 parpol tersebut untuk maju pada . Mereka adalah Ketua DPC PPP Achmad Nadlir dan Ketua DPD Golkar Ahmad Nurhamim.

"Untuk posisi bacabup sementara masih 2 itu. Tak menutup kemungkinan bisa bertambah. Tinggal nanti kesepakatan parpol poros tengah seperti apa," terangnya.

Sementara untuk posisi bakal calon wakil bupati (bacawabup) masih akan dibicarakan oleh parpol poros tengah. Disinggung mengapa PKB, Gerindra, dan PDIP tak masuk dalam penjajakan koalisi, Eddy menyatakan bahwa sejauh ini tiga parpol itu telah memutuskan memunculkan pasangan bacabup dan bacawabup sendiri.

DPC PKB misalnya, telah menggadang 3 kader terbaik mereka, yakni Ketua DPC Moh. Qosim, Ketua Bapilu PKB Jazilul Fawaid, dan Ketua DPRD Fandi Akhmad Yani.

Sementara Gerindra mengusung Ketua Gerindra Asluchul Alif menjadi bacabup. Sedangkan PDIP tengah dalam proses menunggu turunnya rekom dari DPP untuk pendaftar bacabup maupun bacawabup. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO