Minggu, 17 November 2019 11:24

PHE TEJ Berikan Kompensasi Kepada Warga Terdampak Uji Seismik

Sabtu, 09 November 2019 14:41 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Gunawan Wihandono
PHE TEJ Berikan Kompensasi Kepada Warga Terdampak Uji Seismik

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kegiatan Uji Seismik 3D yang dikerjakan Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE TEJ) di wilayah Kabupaten Tuban menimbulkan dampak yang dirasakan warga sekitar. Salah satunya terjadi di Desa Padasan, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Di mana akibat dari kegiatan seismik itu, mengakibatkan sejumlah kerusakan terhadap rumah penduduk.

Untuk itu, anak perusahaan dari PT Pertamina itu bertanggungjawab atas aktivitas yang dilakukan dengan memberikan sejumlah ganti rugi kepada warga yang terkena dampak kerusakan akibat kegiatan pencarian sumber minyak baru tersebut.

"Kita sudah berikan ganti rugi kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan. Ada sebanyak 19 orang yang menerima," ujar Humas PHE TEJ, Ulin Najah saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com, Sabtu (9/11).

Pria kelahiran Singgahan ini mengatakan, jika pihaknya telah memberikan sejumlah ganti rugi kepada warga yang terkena dampak lingkungan dari aktivitas uji seismik dan menjadi bagian dari tanggungjawab serta komitmen perusahaan atas dampak dari pengerjaan proyek.

"Besaran uang ganti rugi telah disesuaikan dengan kesepakatan yang telah disetujui bersama dengan pemerintah kabupaten daerah," imbuh dia.

Ulin menambahkan, selama proses pengerjaan proyek perusahaan sudah berusaha meminimalisir dampak dengan menggunakan standar aman dari SNI dan PPV, di mana tes dampak getaran dievaluasi secara terus-menerus dan disesuaikan dengan kontur tanah permukaan. Sehingga jumlah warga yang terkena dampak mampu diminimalisir.

"Ini juga untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa kegiatan ini secara umum aman dan harus didukung demi ketahanan energi Nasional," tuturnya.

Tak hanya menyasar rumah-rumah penduduk, akibat kegiatan uji seismik ini juga mengakibatkan fasilitas umum mengalami kerusakan. Salah satunya menimpa TK Baiturrahman yang mengalami rusak ringan, retak dibagian dinding bangunan.

"Alhamdulillah hari ini sudah menerima kompensasi dari perusahaan sebesar Rp 17 juta. Uang ini nantinya akan kami gunakan untuk memperbaiki sekolah," kata Ainur Rofiah. (gun/ns)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Minggu, 17 November 2019 01:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...