Selasa, 10 Desember 2019 17:20

Pemerintah Bangun Dua Asrama Mahasiswa Nusantara di Jawa Timur

Senin, 04 November 2019 23:52 WIB
Editor: .
Wartawan: M. Didi Rosadi
Pemerintah Bangun Dua Asrama Mahasiswa Nusantara di Jawa Timur
Khofifah mendampingi Gumilar, Konsultan Pembangunan AMN, memberi keterangan kepada wartawan di Gedung Negara Grahadi. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah melalui pembiayaan dari APBN merencanakan pembangunan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) di enam lokasi di Indonesia, yakni di Jakarta, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Makassar, dan Manado.

Bangunan asrama mahasiswa itu, nantinya tidak hanya dilengkapi dengan fasilitas belajar mengajar. Tetapi juga disediakan berbagai fasilitas lainnya guna menunjang proses terjadinya transfer pengetahuan dan pembentukan leadership serta nilai-nilai kebangsaan yang mencerminkan ke-Bhinneka Tunggal Ika-an.

Kapasitas AMN, diproyeksikan akan bisa menampung 250 hingga 750 mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia.

"Mereka direkrut dari berbagai daerah di Indonesia, serta ada beasiswa," kata Gumilar, Konsultan pembangunan AMN usai pertemuan tertutup dengan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Senin (4/11) malam.

Ditambahkan Khofifah, para calon mahasiswa penghuni AMN, selain melalui seleksi penerimaan dan jalur beasiswa, ada daerah-daerah khusus yang mendapat prioritas, mereka bisa diterima dan masuk menjadi mahasiswa.

"Ada prioritas untuk daerah-daerah tertentu di Indonesia yang bisa diterima menjadi mahasiswa. Namun, belum bisa disampaikan, masih dalam pembahasan," terang gubernur perempuan pertama di Jatim itu.

Gubernur Khofifah menyebut untuk keperluan pembangunan AMN, di Surabaya tersedia lahan 1,5 hektare dan ukuran yang sama juga disiapkan di Malang.

"Besok, beliau berkenan melihat lokasi di Malang selain lokasi yang di Surabaya," ujar Khofifah.

Gumilar menyebut pembangunan asrama menunggu setelah APBN turun, dimungkinkan di semester kedua dan ditandai dengan pelaksanaan ground breaking. Sambil menunggu proses dan kesiapan dari daerah-daerah.

Pihaknya juga menyebut, AMN yang di Jawa Timur diharapkan akan menjadi model untuk percontohan pengelolaan asrama mahasiswa di daerah-daerah lain di Indonesia.

"Di Jawa Timur nantinya diharapkan menjadi model dan contoh bagi daerah-daerah lain," tambahnya.

Keberadaan AMN, payung hukumnya adalah Inpres. Pembangunannya melibatkan Bappenas, Kementerian PUPR, Kemenristek Dikti dan lainnya. Dikelola dengan profesional untuk melahirkan generasi penerus bangsa yang menguasai keilmuan dan punya pondasi Bhinneka Tunggal Ika. Dengan pengelolaan menggunakan model 'bapak asrama' sebagai pengawas dan pembimbing mahasiswa. (mdr)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...