Rabu, 16 Juni 2021 04:43

Driver Ojol Harapkan Perubahan Pendidikan Indonesia

Senin, 28 Oktober 2019 00:23 WIB
Editor: .
Wartawan: Yudi Indrawan
Driver Ojol Harapkan Perubahan Pendidikan Indonesia
Ratusan driver Go-Jek saat menghadiri Gathering dan Ulang Tahun Community Ojol Jember (COJ) pertama di Jakcloth Kecamatan Patrang, Jember, Jawa Timur.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Ditunjuknya CEO Gojek Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia diharapkan merubah wajah pendidikan bangsa ini yang dinilai monoton.

Penunjukkan Nadiem Makarim dinilai para driver ojek online (ojol) sebagai sebuah lompatan besar. Nadiem yang berlatar belakang seorang entrepreneur ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi menteri yang umumnya memiliki latar belakang dunia pendidikan.

Harapan ini disampaikan dalam kegiatan Gathering dan Ulang Tahun Community Ojol Jember (COJ) pertama di Jakcloth Kecamatan Patrang, Jember, Jawa Timur. Kurang lebih 800 sopir ojol dari 190 komunitas ojol seluruh Pulau Jawa, Bali, Sumatera, NTB, dan NTT berkumpul, mendoakan Nadiem Makarim memiliki inovasi baru di urusan pendidikan Indonesia.

"Terpilihnya Nadiem Makarim sebagai Bos Gojek, diharapkan bisa merubah wajah pendidikan Bangsa Indonesia. Ini adalah lompatan besar Bapak Jokowi (Joko Widodo) yang rata-rata (umumnya) praktisi pendidikan, guru besar, rektor, ataupun tokoh dunia pendidikan," kata Dewan Pembina Komunitas Ojol Jember Agusta Jaka Purwana saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (27/10/2019).

BACA JUGA : 

Beri Rasa Aman, Gojek Tekankan Vaksinasi Mitra Driver

Tak Terima Dikatakan Pekerjaan Rendahan, Pengemudi Ojol di Kediri Laporkan Akun Instagram ke Polisi

Gojek-Tokopedia Bersatu Jadi Ancaman, Shopee dan Blibli Bakar Uang

Merger, Gojek dan Tokopedia Wajib Lapor KPPU

Nadiem yang menurutnya tokoh entrepreneur Indonesia memiliki pengalaman lebih, yang bisa merubah wajah monoton pendidikan. "Kita tahu perubahan zaman sekarang sudah berubah maju dan pesat. Sehingga perlu dipimpin oleh orang yang maju juga. Seperti halnya Mas Nadiem yang memiliki inovasi, bergerak sebuah usaha di bidang aplikasi, bukan hanya (usaha) bidang otomotif saja," katanya.

Pria yang juga legislator Demokrat ini yakin penunjukan Nadiem Makarim sebagai Mendikbud adalah langkah tepat dari Presiden Jokowi. Apalagi saat ini mengahadapi era disrupsi, yakni era di mana masyarakat tengah menggeser aktivitasnya yang dari dunia nyata ke dunia maya.

"Jika otomotif biasa persaingannya antar satu hal saja, tapi jika kombinasi otomotif dengan aplikasi. Hal inilah contoh inovasi yang bisa diterapkan di dunia pendidikan. Di mana nantinya dapat diciptakan sebuah pola pendidikan yang dibutuhkan dan (sesuai) kemauan pasar atau penyedia tenaga kerja. Atau juga pola pendidikan yang menekankan ketika menyelesaikan pendidikan bisa berwirausaha," ulasnya.

"Apalagi kita tahu, latar belakang pendidikan Mas Nadiem juga lulusan Harvard University. Artinya kapasitas intelektualnya cukup. Tinggal bagaimana sinkronisasi dengan anak buahnya di bawah, juga dengan di birokrasi," sambungnya. (jbr1/yud)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipan...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...