Sabtu, 07 Desember 2019 20:58

​Antrean Haji di Tuban Capai 27 Tahun

Kamis, 10 Oktober 2019 21:44 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Suwandi
​Antrean Haji di Tuban Capai 27 Tahun
Kepala Kemenag Tuban, Sahid.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Tuban yang ingin berangkat haji dan baru saja mendaftar, harus ekstra sabar. Pasalnya, daftar antrean jamaah haji per Oktober 2019 ini mencapai 27 tahun.

"Per Oktober 2019 ini masa tunggu ibadah haji untuk masyarakat bumi wali sampai 27 tahun," ujar Kepala Kemenag Tuban, Sahid kepada wartawan, Kamis (10/10).

Kata dia, masa tunggu cukup lama karena saat ini pendaftar haji ada sekitar 30 ribu jemaah. Namun, pelaksanannya selalu berubah karena jemaah haji setiap tahun selalu berganti orang. Terutama, dari faktor umur dan kesehatan selalu diperhatikan.

"Kami imbau kepada masyarakat Tuban tak perlu khawatir, karena pemerintah selalu mencari inovasi agar daftar antrean tidak terlalu lama," bebernya.

Sahid mengungkapkan, saat ini terobosan pemerintah berupa pemberlakukan aturan penggabungan dan pendampingan jemaah lanjut usia. Upaya itu sebagai usaha percepatan masa tunggu.

"Semoga tahun depan pemerintah mendapatkan tambahan kuota 10 ribu jamaah haji," harapnya.

Sahid juga memaparkan inovasi lain yang dilakukan pemerintah untuk memangkas masa tunggu. Berikut inovasi-inovasi tersebut:

1. Sewa hotel. Dulu satu hotel bisa dihuni jemaah Indonesia dan campur dengan berbagai macam bangsa. Sekarang satu hotel khusus untuk orang Indonesia karena sistem zonasi.

2. Pemerintah Arab Saudi memberikan fasilitas untuk pemeriksaan biometrik. Dulu pemeriksaan biometrik dilakukan di Bandara Saudi yang bisa memakan waktu sampai 7 jam. Sekarang rekam biometrik sudah dilakukan di tanah air. Pemerintah mengharapkan indeks kepuasan jemaah meningkat 85,30 persen.

3. Penambahan sarana buang air di Mina, dan

4. Perlindungan jemaah. (wan/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...