Sabtu, 30 Mei 2020 15:25

Peringati HUT TNI ke-74, Lanal Batuporon Tanam 9.000 Bibit Pohon Mangrove di Bangkalan

Senin, 07 Oktober 2019 15:58 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Subaidah
Peringati HUT TNI ke-74, Lanal Batuporon Tanam 9.000 Bibit Pohon Mangrove di Bangkalan
Danlanal Batuporon Letkol Laut (P) Teguh Wibowo (tiga dari kanan) beserta Kapolres Bangkalan AKBP Rama S. Putra (tiga dari kiri) saat menanam Pohon Magrove di Desa Tengket, Kec. Arosbaya.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pangkalan TNI AL (Lanal) Batuporon, Kamal, Bangkalan, menggelar penanaman bibit pohon mangrove bersama masyarakat di Pos Keamanan Kelautan dan Perikanan Terpadu, Desa Tengket, Kec. Arosbaya, Kab. Bangkalan, Senin (7/10/2019). Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan HUT TNI ke-74.

Sebanyak 9.000 bibit pohon mangrove yang ditanam untuk revitalisasi lahan kritis seluas 1,5 hektare. Terdiri dari 4.500 bibit mangrove dari Pokmaswas Tengket Arosbaya, 3.000 dari Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Lantas Provinsi Pasuruan, dan 1.500 BPDAS Lantas Madura.

Bertema "Save Our Earth", penanaman mangrove ini diikuti oleh 200 peserta yang dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, Polri, Pramuka Saka Bahari, pecinta alam, polisi, komunitas motor, dan kelompok pecinta mangrove Madura.

Komandan Lanal Batuporon Letkol Laut (P) Teguh Wibowo berharap, penanaman mangrove oleh TNI Angkatan laut ini dapat membantu pemerintah dalam memulihkan ekosistem pesisir dan pantai akibat pemanasan global.

"Menjaga ekosistem laut sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai penduduk bumi. Sekecil apapun usaha yang dilakukan untuk menjaga kelangsungan ekosistem akan sangat berarti," ujarnya.

Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan, Paspotmar Lanal Batuporon Kapten Laut (E) Erdis Supri Sancoko mengatakan bahwa penanaman mangrove sengaja mengikutsertakan pelajar dan pemuda agar dapat memberikan edukasi. Dirinya berharap, penaman pohon mangrove bersama TNI ini dapat menjadi contoh untuk diteruskan dikemudian hari oleh generasi muda.

Diketahui bahwa kegiatan penanaman mangrove di Desa Tengket ini merupakan rangkaian memperingati HUT TNI ke-74 yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia untuk memecahkan rekor Muri dengan jumlah penanaman sebanyak 300.074 pohon mangrove di seluruh Indonesia. (ida/uzi/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...