Peringati HUT TNI ke-74, Lanal Batuporon Tanam 9.000 Bibit Pohon Mangrove di Bangkalan

Peringati HUT TNI ke-74, Lanal Batuporon Tanam 9.000 Bibit Pohon Mangrove di Bangkalan Danlanal Batuporon Letkol Laut (P) Teguh Wibowo (tiga dari kanan) beserta Kapolres Bangkalan AKBP Rama S. Putra (tiga dari kiri) saat menanam Pohon Magrove di Desa Tengket, Kec. Arosbaya.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pangkalan (Lanal) Batuporon, Kamal, Bangkalan, menggelar penanaman bibit pohon mangrove bersama masyarakat di Pos Keamanan Kelautan dan Perikanan Terpadu, Desa Tengket, Kec. Arosbaya, Kab. Bangkalan, Senin (7/10/2019). Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan ke-74.

Sebanyak 9.000 bibit pohon mangrove yang ditanam untuk revitalisasi lahan kritis seluas 1,5 hektare. Terdiri dari 4.500 bibit mangrove dari Pokmaswas Tengket Arosbaya, 3.000 dari Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Lantas Provinsi Pasuruan, dan 1.500 BPDAS Lantas Madura.

Bertema "Save Our Earth", penanaman mangrove ini diikuti oleh 200 peserta yang dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Udara, Polri, Pramuka Saka Bahari, pecinta alam, polisi, komunitas motor, dan kelompok pecinta mangrove Madura.

Komandan Lanal Batuporon Letkol Laut (P) Teguh Wibowo berharap, penanaman mangrove oleh TNI Angkatan laut ini dapat membantu pemerintah dalam memulihkan ekosistem pesisir dan pantai akibat pemanasan global.

"Menjaga ekosistem laut sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai penduduk bumi. Sekecil apapun usaha yang dilakukan untuk menjaga kelangsungan ekosistem akan sangat berarti," ujarnya.

Sementara Ketua Pelaksana Kegiatan, Paspotmar Lanal Batuporon Kapten Laut (E) Erdis Supri Sancoko mengatakan bahwa penanaman mangrove sengaja mengikutsertakan pelajar dan pemuda agar dapat memberikan edukasi. Dirinya berharap, penaman pohon mangrove bersama TNI ini dapat menjadi contoh untuk diteruskan dikemudian hari oleh generasi muda.

Diketahui bahwa kegiatan penanaman mangrove di Desa Tengket ini merupakan rangkaian memperingati ke-74 yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia untuk memecahkan rekor Muri dengan jumlah penanaman sebanyak 300.074 pohon mangrove di seluruh Indonesia. (ida/uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO