Tim Penilai Kampung KB Provinsi Jatim Kunjungi Kelurahan Panggungrejo

Tim Penilai Kampung KB Provinsi Jatim Kunjungi Kelurahan Panggungrejo Tim Verifikasi/Penilai Kampung Keluarga Berencana (KB) dari Provinsi Jawa Timur disambut siswa-siswi.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 5 (lima) orang yang tergabung dalam Tim Verifikasi/Penilai Kampung Keluarga Berencana (KB) dari Provinsi Jawa Timur mengadakan kunjungan di Kelurahan Panggungrejo Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan, Sabtu (28/9).

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Drs. H. Bahrul Ulum, M.M. Juga hadir Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Pasuruan, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Pasuruan, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Camat dan Lurah Panggungrejo, Tim Pengerak PKK Kecamatan Panggungrejo beserta kader-kader, tokoh masyarakat, dan tokoh agama.

Sekdakot Bahrul Ulum dalam sambutannya di hadapan Tim Verifikasi Kampung KB, menyampaikan Kampung KB percontohan Penggungrejo ini merupakan sinergitas atau terintegrasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Hal itu juga tertuang dalam Surat Keputusan Wali Kota Pasuruan tentang kelompok kerja kampung KB percontohan Kota Pasuruan yang ditanda tangani pada tahun 2019.

Sekdakot berharap dengan adanya kampung KB percontohan ini dapat mewujudkan masyarakat Kelurahan Panggungrejo yang sejahtera dan berbakti menuju generasi emas tahun 2045 yang merupakan visi kampung KB percontohan Kelurahan Panggungrejo.

Menurutnya, Kelurahan Panggungrejo menjadi kampung KB percontohan karena pembangunan di sektor fisik maupun non fisik telah dilaksanakan dengan baik. Di antaranya normalisasi sungai, pavingisasi di kampung KB RW 04, pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK), serta kebersihan dan keindahan lingkungan di kampung KB.

"Pembinaan dan pelatihan terhadap kelompok kegiatan di kampung KB percontohan Panggungrejo juga sudah dilakukan dengan baik untuk meningkatkan pola penggarapan pembangunan berbasis masyarakat secara terpadu dengan melibatkan lintas sektor terkait. Program air bersih juga sudah dilakukan dengan pemasangan PDAM untuk mengaliri air ke Kelurahan Panggungrejo. Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi kita semua," tuturnya.

Perlu diketahui, Kelurahan Panggungrejo ditetapkan sebagai Kampung KB percontohan Kota Pasuruan karena memenuhi kriteria. Yakni dari segi wilayah daerah pesisir, kumuh, dan kawasan miskin perkotaan. Kampung KB merupakan salah satu upaya penguatan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat dalam memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB, sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas. (ard/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO