Sabtu, 07 Desember 2019 21:05

Tafsir Al-Isra' 65: Tidak Etis Mewawancarai Orang Tua Vanessa Angel

Senin, 23 September 2019 23:41 WIB
Editor: Redaksi
Tafsir Al-Isra
Vanessa Angel memeluk ayahnya, Doddy Sudrajat.

Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*

65. Inna ‘ibaadii laysa laka ‘alayhim sulthaanun wakafaa birabbika wakiilaan

“Sesungguhnya (terhadap) hamba-hamba-Ku, engkau (Iblis) tidaklah dapat berkuasa atas mereka. Dan cukuplah Tuhanmu sebagai penjaga.”

TAFSIR AKTUAL:

Ayat studi sebelumnya bertutur soal Iblis yang dendam kepada Adam dan bersumpah-sumpah hendak menjerumuskan mereka. Lalu Tuhan melindungi mereka agar selamat, kecuali mereka yang brengsek dan sengaja mengikuti.

Dalam etika syari'ah, orang yang berbuat baik itu dipersilakan memilih dua hal, yakni menutupi amalnya atau dipublis terbuka. Tapi kalau berbuat buruk, maka wajib ditutupi rapat-rapat, seraya terus-menerus mohon ampunan kepada Tuhan.

Semisal orang yang bersedekah atau beramal jariah. Jika dia mempublis, maka bagus. Itu mengedukasi umat agar mengikuti amalnya, itung-itung sebagai dakwah bi al-hal, dakwah aplikatif. Tapi, sisi negatifkan rentan terjerumus dalam riya'. Lalu hanguslah pahalanya.

Jika dia menutup identitas diri, merahasiakan amalnya, maka bagus juga. Hal itu menunjukkan lebih ikhlas, lebih aman dari pujian dan riya'. Tentu lebih pasti bakal bisa mengunduh pahala sedekah kelak di akhirat. Negatifnya, kurang mendukung kerja dakwah.

Kini masalah amal ibadah pribadi atau kemaksiatan pribadi. Sebuat saja prestasi kebaikan dan prestasi keburukan. Jika ada seorang siswa berprestasi, juara lomba hafalan al-qur'an tiga puluh juz, atau menjadi imam besar di masjid al-haram Makkah, maka disunnahkan mempublis lengkap dengan orang tuanya.

Andai diumumkan sebagai juara, maka sebut namanya lengkap dengan nama orang tuanya. Misalnya, Muhammad Sulaiman bin Salim. Begitu pula saat wawancara, disunnahkan orang tuanya dilibatkan. Hal itu sebagai apresiasi terhadap jerih payah mendidiknya.

Sebaliknya, jika anak itu nakal atau berbuat jahat, maka cukup nama dia pribadinya saja. Jangan melibat-libatkan orang tuanya. Misalnya, penipu jamaah umroh tertangkap atas nama: Joko Tuno, titik. Tidak boleh dipublis lengkap dengan nama orang tuanya, misalnya: Joko Tuno bin Singo Menggolo.

Hal itu untuk menjaga nama baik orang tua yang pada dasarnya tidak ikut berbuat buruk, tidak pula mendidik buruk dan tidak pula menyuruh berbuat buruk. Kecuali orang tuanya menyuruh.

Maka, tidak benar melibat-libatkan orang tua Vanessa Angel yang terjaring kasus prostitusi online. Tidak etis mewawancarai mereka di televisi, karena itu sama dengan menabur lumpur kepada orang yang tidak ikut berbuat dosa. Semua orang tua pasti berusaha mendidik anak sebaik-baiknya. Tapi setelah dewasa, maka mutlak pilihan anak.

*Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag adalah Mufassir dan Pengasuh Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an (MQ), Tebuireng, Jombang.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 21 November 2019 23:31 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Meluasnya kabar keberadaan destinasi wisata alam pohon besar yang mempunyai akar seribu di Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, membuat warga setempat penasaran. Kini, pohon akar seribu itu telah menjadi daya tarik da...
Senin, 02 Desember 2019 15:43 WIB
Oleh: Nico Ainul Yakin (Wakil Ketua DPW Nasdem Jawa Timur)HUT ke-8 Partai NasDem yang digelar DPW Partai NasDem Jawa Timur di JX International Surabaya (23/11/2019) lalu berjalan meriah dan sukses. Ribuan kader NasDem dari pelosok Jawa Ti...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...