Korban Capai Puluhan Orang, Polres Ngawi Gulung Komplotan Pencopet Asal Surabaya

Korban Capai Puluhan Orang, Polres Ngawi Gulung Komplotan Pencopet Asal Surabaya Para pelaku saat diamankan petugas.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Komplotan pencopet asal Surabaya yang beraksi di Alun-alun Merdeka Ngawi saat pertunjukan Guyon Waton berhasil diamankan anggota Satreskrim Polres Ngawi, Jumat (6/9) lalu.

Kapolres Ngawi AKBP. MB Pranatal Hutajulu mengatakan, peristiwa tersebut berawal dari laporan sejumlah masyarakat yang mengaku kehilangan handphone (HP). Mereka berbondong-bondong mendatangi kantor Polres Ngawi. Ada puluhan penonton yang kehilangan HP.

"Berawal dari laporan penonton yang kehilangan HP saat melihat konser musik di Alun-Alun, anggota Satreskrim Polres Ngawi langsung memburu kawanan pencopet yang saat tersebut ditengarai belum meninggalkan arena Alun-Alun Ngawi. Dan akhirnya, enam orang tersangka pelaku pencopetan berhasil diamankan. Namun, satu orang masih dalam kejaran petugas karena melarikan diri. Selain itu, seorang pelaku copet juga harus dilumpuhkan dengan timah panas karena berusaha melarikan diri saat akan diamankan," Pranatal Hutajulu pada awak media, Sabtu (07/09).

Diketahui, para pencopet itu beraksi dengan melempar petasan pada kerumunan. Mereka sengaja datang ke Ngawi untuk melakukan pencopetan menggunakan mobil sewaan.

"Kita sudah menyangka copet ini merupakan sindikat yang beraksi secara rombongan. Begitu kami sampai di Alun-Alun, sindikat itu bisa kami deteksi, kemudian kita kejar dan enam orang berhasil kita tangkap, seorang berhasil melarikan diri," terang Kapolres Ngawi.

Setelah dilakukan proses penyidikan oleh jajaran Satreskrim Polres Ngawi, ditetapkan enam orang sebagai tersangka pelaku pencopetan dan seorang diketahui sebagai pengemudi kendaraan yang disewa oleh rombongan tersebut. Sedangkan untuk seorang pelaku yang melarikan diri, polisi telah mengantongi identitas.

Berdasarkan pemeriksaan, sindikat tersebut memang sengaja memakai petasan dalam setiap aksinya. Tujannya, untuk membuat kegaduhan dan mengalihkan perhatian calon korbannya.

Kurang dari satu jam pasca adanya laporan korban, pelaku pencopetan berhasil dibekuk bersama barang bukti juga kendaraan yang disewa untuk melakukan aksinya di seluruh kota-kota di Jawa Timur termasuk Ngawi.

"Kita telah berhasil mengamankan barang bukti HP dari berbagai merk bersama kendaraan yang disewa untuk mengangkut pelaku dari Surabaya," pungkasnya. (nal/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO