Minggu, 23 Februari 2020 21:28

Berkah Musim Kemarau, Petani Tuban Nikmati Panen Raya Kacang Tanah

Minggu, 25 Agustus 2019 20:51 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Munif Heri
Berkah Musim Kemarau, Petani Tuban Nikmati Panen Raya Kacang Tanah
Para petani di Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, saat memanen kacang tanah.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Musim kemarau sangat identik dengan kekeringan dan paceklik hasil pertanian. Namun, hal itu tak berlaku bagi para petani di Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Pada musim kemarau kali ini, para petani justru merasakan panen raya kacang tanah dengan harga yang lumayan. Sumber air yang melimpah di sekitaran desa, dimanfaatkan dengan baik oleh para petani untuk bercocok tanam saat musim kemarau.

Nari, salah seorang petani kacang tanah saat ditemui, Ahad (25/08), menyebutkan tingginya harga kacang tanah lantaran daerah lain belum masuk musim panen. Selain itu, para petani yang menanam kacang tanah juga jarang.

"Harganya lumayan tinggi. Ini mungkin karena daerah lain belum mulai panen. Milik saya bibit 10 kilogram dibeli dengan harga Rp. 3 juta," ujarnya.

Sementara itu seorang tengkulak bernama Warsipen mengatakan, panen raya kacang tanah di Tuban tahun ini berada di waktu yang tepat. Sebab, di daerah lain belum masuk musim panen.

"Karena baru awal musim panen, otomatis harga yang ditawarkan pun cukup memuaskan para petani," tutur pedagang yang sering disebut Boreg oleh warga ini.

Selain itu, lanjut Warsipen, produk kacang tanah yang dihasilkan Tuban tergolong kualitas baik. "Itulah yang menjadi penyebab harganya terkerek naik. Daripada tahun lalu dengan musim yang sama, hasilnya bagus saat ini. Alhamdulilah masih ada pekerjaan," ucap Warsipen.

Tengkulak yang mengaku mengirim kacang ke beberapa pabrik pengolahan di jawa tengah ini berharap harga tetap bertahan sampai musim panen berakhir. "Semoga saja harga stabil agar bisa rutin setor ke pengepul, dan memberi berkah untuk petani," pungkasnya.(tb1/gun/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 21 Februari 2020 20:10 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Tuban mempunyai wisata edukasi baru berupa Taman Kelinci. Suasana Taman Kelinci yang terletak di tepi jalan Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban ini begitu adem, asri, dan sejuk, karena jauh dar...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Kamis, 20 Februari 2020 11:01 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALAyat kaji 80 ...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...