Sabtu, 21 September 2019 10:48

Berkah Musim Kemarau, Petani Tuban Nikmati Panen Raya Kacang Tanah

Minggu, 25 Agustus 2019 20:51 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Munif Heri
Berkah Musim Kemarau, Petani Tuban Nikmati Panen Raya Kacang Tanah
Para petani di Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, saat memanen kacang tanah.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Musim kemarau sangat identik dengan kekeringan dan paceklik hasil pertanian. Namun, hal itu tak berlaku bagi para petani di Desa Pongpongan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban.

Pada musim kemarau kali ini, para petani justru merasakan panen raya kacang tanah dengan harga yang lumayan. Sumber air yang melimpah di sekitaran desa, dimanfaatkan dengan baik oleh para petani untuk bercocok tanam saat musim kemarau.

Nari, salah seorang petani kacang tanah saat ditemui, Ahad (25/08), menyebutkan tingginya harga kacang tanah lantaran daerah lain belum masuk musim panen. Selain itu, para petani yang menanam kacang tanah juga jarang.

"Harganya lumayan tinggi. Ini mungkin karena daerah lain belum mulai panen. Milik saya bibit 10 kilogram dibeli dengan harga Rp. 3 juta," ujarnya.

Sementara itu seorang tengkulak bernama Warsipen mengatakan, panen raya kacang tanah di Tuban tahun ini berada di waktu yang tepat. Sebab, di daerah lain belum masuk musim panen.

"Karena baru awal musim panen, otomatis harga yang ditawarkan pun cukup memuaskan para petani," tutur pedagang yang sering disebut Boreg oleh warga ini.

Selain itu, lanjut Warsipen, produk kacang tanah yang dihasilkan Tuban tergolong kualitas baik. "Itulah yang menjadi penyebab harganya terkerek naik. Daripada tahun lalu dengan musim yang sama, hasilnya bagus saat ini. Alhamdulilah masih ada pekerjaan," ucap Warsipen.

Tengkulak yang mengaku mengirim kacang ke beberapa pabrik pengolahan di jawa tengah ini berharap harga tetap bertahan sampai musim panen berakhir. "Semoga saja harga stabil agar bisa rutin setor ke pengepul, dan memberi berkah untuk petani," pungkasnya.(tb1/gun/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...