Sabtu, 18 Januari 2020 16:02

​Pura-pura Mau Salat, Pencuri Sikat Mixer dan Uang Kotak Amal Musala di Sidoarjo

Selasa, 20 Agustus 2019 21:32 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
​Pura-pura Mau Salat, Pencuri Sikat Mixer dan Uang Kotak Amal Musala di Sidoarjo
Teras Musala Baiturrochman. Inzet: Kotak amal yang kosong dan lemari tempat menyimpan mixer audio.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Musala Baiturrochman yang terletak di Dusun Congkop, Kelurahan Keboansikep, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo disatroni pencuri.

Takmir Musala Baiturrochman Saidi mengatakan, pelaku membawa mixer pengeras suara, serta uang yang ada di dalam kotak amal.

"Kejadian pencuriannya sendiri terjadi Senin (19/8/2019) sekitar pukul 14.57. Dan baru diketahui oleh warga yang akan menunaikan Salat Ashar sekitar pukul 15.05 WIB," ujarnya, Selasa (20/8/2019).

Ia menceritakan kejadian hilangnya mixer diketahui saat muadzin akan menyuarakan adzan Salat Ashar, ternyata mik yang diletakkan di mimbar tak berfungsi.

"Akhirnya jemaah penasaran kenapa kok tidak berfungsi, akhirnya dicari penyebabnya. Ternyata grendel yang terdapat gembok di lemari etalase tempat menyimpan perangkat pengeras suara terlihat sudah dirusak. Dan mixer pengeras suara yang seharga Rp 4 juta juga sudah tidak ada di tempatnya," jelasnya.

Setelah itu, ia pun curiga dengan kondisi kotak amalnya. Dan ternyata benar, isi uang kotak amalnya sekitar Rp 4 juta amblas dibawa pelaku.

"Padahal kotak amalnya sudah terbuat dari besi dan telah digembok juga. Ternyata masih saja bisa dibawa kabur isinya," keluhnya.

Perbuatan pelaku sendiri terekam oleh CCTV yang terletak di dalam musala maupun di teras. Terlihat pelaku mengenakan baju lengan panjang berwarna hitam serta memakai topi berwarna biru. Pelaku juga terlihat membawa tas ransel berwarna merah hitam untuk membawa barang curiannya.

Dari rekaman CCTV tersebut, pelaku langsung masuk ke dalam musala melalui pintu depan. Dan menyamar layaknya orang yang akan menunaikan salat.

Namun meski pelaku bertindak secara sendiri, pihak takmir musala yakin bahwa pencuriannya dilakukan oleh dua orang lebih.

"Kalau dilihat dari caranya mengambil, sepertinya sudah terbiasa melakukannya. Dan bisa saja lebih dari dua orang untuk mengawasi keadaan sekitar," tambahnya.

Peristiwa tersebut saat ini belum dilaporkan kepada pihak kepolisian. "Belum melaporkan ke Polsek Gedangan. Rencananya secepatnya akan dilaporkan sambil membawa bukti rekaman CCTV," tandasnya. (cat/ian) 

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 01 Januari 2020 19:47 WIB
BLITAR, BANGSAONLINE.com - Wisata Edukasi Kampung Coklat di Kabupaten Blitar baru-baru ini telah menghadirkan spot instagramable bagi para pengunjung.Lokasi wisata yang terletak di Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar tersebut ...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 18 Januari 2020 12:20 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Kamis, 16 Januari 2020 12:56 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...