Minggu, 15 September 2019 20:26

Balita yang Ditemukan 3 Hari Hidup dengan Mayat Ayahnya, Kini Dirawat Bibinya

Kamis, 15 Agustus 2019 17:07 WIB
Editor: .
Wartawan: Yudi Indrawan
Balita yang Ditemukan 3 Hari Hidup dengan Mayat Ayahnya, Kini Dirawat Bibinya
Setiyati (kiri) Bibi dari Balita N saat ditemui di balai desa.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Balita di Jember berinisial N (14 bulan) yang ditemukan hidup selama 3 hari dengan jenazah ayahnya, kini dijemput dan dirawat bibinya ke Banyuwangi untuk sementara waktu. Pasalnya, ibu balita tersebut yang belakangan diketahui bernama Sulastri, saat ini masih bekerja sebagai TKW di Taiwan.

Bibi dari balita N bernama Setiyati warga Kendalrejo, Kecamatan Tegaldelimo, Kabupaten Banyuwangi itu mengaku kaget saat pertama kali mendengar kabar bahwa suami adiknya meninggal.

"Saat itu saya ditelepon sama Sulastri (Ibu dari balita N, istri Fauzi), mengatakan kalau suaminya meninggal yang di Jember. "Mas (mbak) bojoku meninggal, tulung openi anakku," (menirukan kata-kata adiknya). Sulastri sendiri berangkat kerja sebagai TKW sudah 6 bulan," kata Setiyati saat dikonfirmasi wartawan di Balai Desa Kaliwining, Kamis siang (15/8/2019).

Menurut Setiyati, Sulastri merupakan anak paling terakhir dari 6 bersaudara. "Saya kakaknya yang tinggal di Banyuwangi. Kalau saudara yang lain ada di Sragen. Kan asli sana. Jadi karena saya paling dekat, saya yang dipercaya untuk merawat keponakan saya itu sementara ini," ungkapnya.

Diketahui, Sulastri berangkat menjadi TKW ketika anaknya N berusia 8 bulan. "Kurang lebih sudah berangkat jadi TKW 6 bulanan. Sebelumnya 3 bulan di penampungan, dan 3 bulannya lagi di tempat kerja Taiwan. Sekarang sedang mengurus kepulangan ke Indonesia. Kalau dari tempat kerja sudah ada izin pulang, yang belum dapat izin dari pihak penyalur tenaga kerja," jelasnya.

"Anaknya ini dulu lahirnya juga di Bali, kemudian pindah ke Jember dan ambil KPR rumah di sini ini (Desa Kaliwining)," imbuhnya.

Balita berinisial N ini langsung dilakukan proses penjemputan oleh Bibinya. "Jadi sesuai amanah adik saya (Sulastri), ayahnya dimakamkan masih proses, dan ini keponakan saya dibawa. Dirawat sambil menunggu Sulastri pulang," katanya.

Penyerahan balita berinisial N itu kepada bibinya dilakukan di Balai Desa Setempat, di mana dalam proses tersebut, dilakukan langsung oleh Pj Kades Kaliwining Sugeng Hariadi, Kapolsek Rambipuji AKP Sutarjo, dan sejumlah perangkat desa lainnya.

"Ini tadi dilakukan penyerahan kepada pihak keluarga, yakni bibinya. Untuk nantinya balita ini tinggal sementara di Banyuwangi, sembari menunggu ibunya Sulastri pulang," kata Sugeng saat dikonfirmasi wartawan.

Terkait keseharian Fauzi, ayah balita tersebut, Sugeng mengaku tidak mengetahui secara pasti. "Saya kebetulan baru jadi PJ 2 bulan, karena persiapan mau pilkades. Terkait keseharian korban, kata warga memang tertutup dan kurang komunikasi dengan warga lainnya," sambungnya. (jbr1/yud)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...