Rabu, 22 Januari 2020 07:08

Balita yang Ditemukan 3 Hari Hidup dengan Mayat Ayahnya, Kini Dirawat Bibinya

Kamis, 15 Agustus 2019 17:07 WIB
Editor: .
Wartawan: Yudi Indrawan
Balita yang Ditemukan 3 Hari Hidup dengan Mayat Ayahnya, Kini Dirawat Bibinya
Setiyati (kiri) Bibi dari Balita N saat ditemui di balai desa.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Balita di Jember berinisial N (14 bulan) yang ditemukan hidup selama 3 hari dengan jenazah ayahnya, kini dijemput dan dirawat bibinya ke Banyuwangi untuk sementara waktu. Pasalnya, ibu balita tersebut yang belakangan diketahui bernama Sulastri, saat ini masih bekerja sebagai TKW di Taiwan.

Bibi dari balita N bernama Setiyati warga Kendalrejo, Kecamatan Tegaldelimo, Kabupaten Banyuwangi itu mengaku kaget saat pertama kali mendengar kabar bahwa suami adiknya meninggal.

"Saat itu saya ditelepon sama Sulastri (Ibu dari balita N, istri Fauzi), mengatakan kalau suaminya meninggal yang di Jember. "Mas (mbak) bojoku meninggal, tulung openi anakku," (menirukan kata-kata adiknya). Sulastri sendiri berangkat kerja sebagai TKW sudah 6 bulan," kata Setiyati saat dikonfirmasi wartawan di Balai Desa Kaliwining, Kamis siang (15/8/2019).

Menurut Setiyati, Sulastri merupakan anak paling terakhir dari 6 bersaudara. "Saya kakaknya yang tinggal di Banyuwangi. Kalau saudara yang lain ada di Sragen. Kan asli sana. Jadi karena saya paling dekat, saya yang dipercaya untuk merawat keponakan saya itu sementara ini," ungkapnya.

Diketahui, Sulastri berangkat menjadi TKW ketika anaknya N berusia 8 bulan. "Kurang lebih sudah berangkat jadi TKW 6 bulanan. Sebelumnya 3 bulan di penampungan, dan 3 bulannya lagi di tempat kerja Taiwan. Sekarang sedang mengurus kepulangan ke Indonesia. Kalau dari tempat kerja sudah ada izin pulang, yang belum dapat izin dari pihak penyalur tenaga kerja," jelasnya.

"Anaknya ini dulu lahirnya juga di Bali, kemudian pindah ke Jember dan ambil KPR rumah di sini ini (Desa Kaliwining)," imbuhnya.

Balita berinisial N ini langsung dilakukan proses penjemputan oleh Bibinya. "Jadi sesuai amanah adik saya (Sulastri), ayahnya dimakamkan masih proses, dan ini keponakan saya dibawa. Dirawat sambil menunggu Sulastri pulang," katanya.

Penyerahan balita berinisial N itu kepada bibinya dilakukan di Balai Desa Setempat, di mana dalam proses tersebut, dilakukan langsung oleh Pj Kades Kaliwining Sugeng Hariadi, Kapolsek Rambipuji AKP Sutarjo, dan sejumlah perangkat desa lainnya.

"Ini tadi dilakukan penyerahan kepada pihak keluarga, yakni bibinya. Untuk nantinya balita ini tinggal sementara di Banyuwangi, sembari menunggu ibunya Sulastri pulang," kata Sugeng saat dikonfirmasi wartawan.

Terkait keseharian Fauzi, ayah balita tersebut, Sugeng mengaku tidak mengetahui secara pasti. "Saya kebetulan baru jadi PJ 2 bulan, karena persiapan mau pilkades. Terkait keseharian korban, kata warga memang tertutup dan kurang komunikasi dengan warga lainnya," sambungnya. (jbr1/yud)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Senin, 20 Januari 2020 14:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*79. Wamina allayli fatahajjad bihi naafilatan laka ‘asaa an yab’atsaka rabbuka maqaaman mahmuudaanDan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...