Sabtu, 21 September 2019 10:50

Pemilik Motor yang Terjaring Razia Harus Hancurkan Knalpot Brongnya, Diganti dengan Knalpot Standar

Selasa, 16 Juli 2019 23:03 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Pemilik Motor yang Terjaring Razia Harus Hancurkan Knalpot Brongnya, Diganti dengan Knalpot Standar
Nampak pemilik kendaraan harus rela menghancurkan sendiri knalpot racing miliknya di hadapan polisi.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bagian yang sering dimodifikasi oleh para pemilik kendaraan roda dua atau sepeda motor adalah pada bagian knalpotnya.

Biasanya, para penggila otomotif itu merubah knalpot standar motornya, dengan knalpot racing atau brong. Hal itu agar terkesan lebih garang dan gagah.

Namun, mengganti knalpot standar tidak boleh sembarangan. Ada Undang-Undang lalu lintas yang mengatur batas maksimal kebisingan knalpot.

Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Kompol Fahrian Saleh Siregar menjelaskan, menggunakan knalpot brong dengan dipasang di sepeda motor itu bisa menimbulkan suara sangat mengganggu di telinga orang lain.

"Gunakan knalpot standart. Knalpot brong mengganggu ketenangan masyarakat, juga sudah jelas melanggar peraturan lalu lintas yang ada," ucapnya saat melihat langsung pelanggar ketika menghancurkan knalpot brong sepeda motornya di Polresta Sidoarjo, Selasa (16/07/2019).

Dikatakan, hal ini merupakan suatu tindakan agar menimbulkan efek jera bagi para pemuda yang suka memasang knalpot brong dan menggunakan sepeda motor protolan.

"Harapannya semua bisa jera. Tidak ada lagi para pengguna roda dua melakukan pelanggaran. Kami akan terus konsisten. Jika terlihat makin marak lagi akan kita tindak lagi sampai situasi membaik," paparnya.

Nampak pemilik kendaraan harus rela menghancurkan sendiri knalpot racing miliknya di hadapan polisi.

Dengan menggunakan palu, pria tersebut nampak memukul knalpot brong yang telah dibelinya dengan harga cukup mahal itu.

Satlantas Polresta Sidoarjo mewajibkan kendaraan yang telah terjaring razia agar melengkapi surat-surat dan layak jalan. Sehingga tidak ada lagi sepeda motor protolan apalagi knalpot brong.

Seperti diberitakan sebelumnya, 300 sepeda motor diamankan beserta pebalap liar yang menggunakan jalan raya Jenggolo sebagai 'sirkuit'. Razia tersebut digelar Satlantas Polresta Sidoarjo hingga pebalap lari kocar-kacir pada malam Minggu kemarin.

Hasilnya, sebanyak 142 sepeda motor ditahan di Polresta Sidoarjo karena memasang knalpot brong dan menggunakan sepeda motor protolan hingga tidak bisa menunjukkan surat-surat yang resmi. (cat/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...