Rabu, 05 Agustus 2020 15:34

Pemilik Motor yang Terjaring Razia Harus Hancurkan Knalpot Brongnya, Diganti dengan Knalpot Standar

Selasa, 16 Juli 2019 23:03 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Catur Andy
Pemilik Motor yang Terjaring Razia Harus Hancurkan Knalpot Brongnya, Diganti dengan Knalpot Standar
Nampak pemilik kendaraan harus rela menghancurkan sendiri knalpot racing miliknya di hadapan polisi.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bagian yang sering dimodifikasi oleh para pemilik kendaraan roda dua atau sepeda motor adalah pada bagian knalpotnya.

Biasanya, para penggila otomotif itu merubah knalpot standar motornya, dengan knalpot racing atau brong. Hal itu agar terkesan lebih garang dan gagah.

Namun, mengganti knalpot standar tidak boleh sembarangan. Ada Undang-Undang lalu lintas yang mengatur batas maksimal kebisingan knalpot.

Kasatlantas Polresta Sidoarjo, Kompol Fahrian Saleh Siregar menjelaskan, menggunakan knalpot brong dengan dipasang di sepeda motor itu bisa menimbulkan suara sangat mengganggu di telinga orang lain.

"Gunakan knalpot standart. Knalpot brong mengganggu ketenangan masyarakat, juga sudah jelas melanggar peraturan lalu lintas yang ada," ucapnya saat melihat langsung pelanggar ketika menghancurkan knalpot brong sepeda motornya di Polresta Sidoarjo, Selasa (16/07/2019).

Dikatakan, hal ini merupakan suatu tindakan agar menimbulkan efek jera bagi para pemuda yang suka memasang knalpot brong dan menggunakan sepeda motor protolan.

"Harapannya semua bisa jera. Tidak ada lagi para pengguna roda dua melakukan pelanggaran. Kami akan terus konsisten. Jika terlihat makin marak lagi akan kita tindak lagi sampai situasi membaik," paparnya.

Nampak pemilik kendaraan harus rela menghancurkan sendiri knalpot racing miliknya di hadapan polisi.

Dengan menggunakan palu, pria tersebut nampak memukul knalpot brong yang telah dibelinya dengan harga cukup mahal itu.

Satlantas Polresta Sidoarjo mewajibkan kendaraan yang telah terjaring razia agar melengkapi surat-surat dan layak jalan. Sehingga tidak ada lagi sepeda motor protolan apalagi knalpot brong.

Seperti diberitakan sebelumnya, 300 sepeda motor diamankan beserta pebalap liar yang menggunakan jalan raya Jenggolo sebagai 'sirkuit'. Razia tersebut digelar Satlantas Polresta Sidoarjo hingga pebalap lari kocar-kacir pada malam Minggu kemarin.

Hasilnya, sebanyak 142 sepeda motor ditahan di Polresta Sidoarjo karena memasang knalpot brong dan menggunakan sepeda motor protolan hingga tidak bisa menunjukkan surat-surat yang resmi. (cat/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 24 Juli 2020 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kreatif. Itulah kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang sudah dilakukan oleh Pemkot Surabaya dalam usahanya mempercantik kawasan Ekowisata Mangrove Medokan Sawah. Betapa tidak, dari sejumlah barang-barang bekas, sepe...
Kamis, 30 Juli 2020 21:34 WIB
Oleh: KH. Agoes Ali Masyhuri*Kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menyerahkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada Tanoto dan Sampoerna Foundation membuat dua ormas besar Islam Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah kecewa dan mundur dari organi...
Minggu, 02 Agustus 2020 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Senin, 03 Agustus 2020 11:04 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan ala...