Prajurit Koarmada II Siap Ikuti Lomba Kreativitas Prajurit dan PNS TNI 2019

Prajurit Koarmada II Siap Ikuti Lomba Kreativitas Prajurit dan PNS TNI 2019

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Satu lagi prestasi diukir prajurit Komando Armada II. Kali ini di bidang Iptek melalui hasil karya inovatif Kapten Laut (E) Dhaesa Pramana,S.T, salah satu perwira KRI R.E.Martadinata-331 yang berhasil membuat Aerial Target Drone .

Direncanakan Aerial Target Drone akan ikut serta dalam kegiatan Lomba Kreativitas Prajurit TNI/PNS Tahun 2019 pada sub bidang Lomba Karya Cipta Teknologi Aspek Alutsista di Jakarta.

Bertempat di Lapangan Ambalat pada Senin (8/7/19), telah dilaksanakan uji coba Tahap I terhadap hasil karya inovatif prajurit KRI REM - 331, meliputi tes jangkauan terhadap remote kontrol dan transmisi video live streaming. Dalam percobaan tersebut berhasil didapatkan jarak kendali sejauh 10 Km antara operator dan Aerial Target Drone.

Keberhasilan ini menurut Sang Inovator Kapten Laut (E) Dhaesa, dapat diaplikasikan sebagai sasaran latih bagi kegiatan latihan serial seperti "Air Defense Exercise" atau Latihan Pertahanan Udara.

Lebih lanjut menurut Dhaesa- panggilan akrabnya, produk yang nantinya akan diberi nama "Aerial Target Drone GHORA VIRA - 01" memiiki beberapa keunggulan, diantaranya produk ini menggunakan 70% komponen lokal, sehingga biaya pembuatannya bisa bersaing dengan produk kompetitor.

“Bahkan material utamanya berupa limbah foam bekas yang sangat mudah didapatkan. Begitu halnya dalam pengoperasian yang juga tidak sulit sehingga memungkinkan para prajurit KRI dapat mengoperasikan maupun menerbangkannya dengan cara dilempar (Hand Launch) saja," terang Dhaesa.

Selain mudah dalam pengoperasian, menurut Kapten Dhaesa Aerial Target Drone juga didukung dengan sistem keamanan yang teruji sehingga mengurangi resiko kerusakan saat diterbangkan. Sebagai contoh apabila komunikasi dengan remote pengendali terputus maka unit akan otomatis kembali ke titik peluncuran.

Hasil karya ini pun ditegaskan Dhaesa bukan sembarang proyek karena dikerjakan oleh tim peneliti yang sudah berpengalaman dan tersertifikasi di bidang pembuatan Unmanned Aerial Vehicle (UAV). Diharapkan dengan adanya Aerial Target Drone , mampu mendukung kemandirian alutsista secara bertahap sehingga mendukung terwujudnya Industri Pertahanan Dalam Negeri yang handal. (dev/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO