Puluhan Alutsista dan Ribuan Prajurit Siap Gelar Latihan Puncak TNI AL Armada Jaya

Puluhan Alutsista dan Ribuan Prajurit Siap Gelar Latihan Puncak TNI AL Armada Jaya Alutsista yang terlibat dalam Latihan Armada Jaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ribuan Prajurit TNI Angkatan Laut yang berjumlah 6.534 melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Manuvra Lapangan (Manlap) Latihan Puncak TNI AL Armada Jaya XXXVII tahun 2019.

Kegiatan dilaksanakan di Dermaga Ujung Komando Armada (Koarmada) II Surabaya, Selasa (9/7). Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, SE, MM, yang langsung melaksanakan inspeksi terhadap kesiapan unsur dan prajurit TNI AL.

Dalam kesempatan itu, Kasal menyampaikan bahwa latihan ini sebagai bentuk tanggung jawab TNI Angkatan Laut dalam meningkatkan kemampuan maupun kesiapsiagaan, guna mengemban amanah rakyat sebagai komponen utama pertahanan negara.

”Penyelenggaraan Latihan Armada Jaya yang merupakan Latihan Puncak TNI Angkatan Laut, bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan operasional, juga sekaligus sebagai tolok ukur keberhasilan pembinaan latihan,” ungkap Kasal.

Adapun personel dan unsur yang terlibat Manlap Armada Jaya ini tergabung dalam tiga Komando Tugas Gabungan (Kogasgab), yaitu Komando Tugas Laut Gabungan (Kogaslagab), Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib), Komando Tugas Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin), serta empat Satuan Tugas Dukungan (Satgasduk) yaitu Satgasduk Pasukan Khusus, Satgasduk Informasi, Satgasduk Kesehatan dan Satgasduk Teritorial, dengan daerah Latihan di Laut Jawa dan Asembagus Situbondo, Jawa Timur.

“Peperangan Informasi kali ini melibatkan peperangan Siber, dengan Satuan dukungan Informasi, kemudian Dukungan Kesehatan, Dukungan Pasukan Khusus yang diuji sampai dimana kemampuan doktrin dan alat yang ada, serta terakhir Operasi Teritorial. Yang terpenting dalam latihan ini, bagaimana melaksanakan peperangan modern yang dihadapi dalam situasi untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara kesatuan Republik Indonesia”, tegas Kasal.

Lebih lanjut Kasal menambahkan, latihan ini juga sebagai uji kemampuan dalam rangka menghadapi Latihan Gabungan yang akan diselengarakan oleh Mabes TNI.

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO