Awali CARAT 2019, Satgas UT Encap Renovasi Gedung SDN Duduksampeyan

Awali CARAT 2019, Satgas UT Encap Renovasi Gedung SDN Duduksampeyan

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Mengawali pelaksanaan latihan bersama antara TNI Angkatan Laut dengan US Navy yang diberi sandi CARAT (Coorporation Af Loat Readiness And Training) tahun 2019 , Satgas UT ENCAP (Engineering Civic Action Program) yang terdiri dari gabungan /Marinir gabungan dari Batalyon Menbanpur 2 Mar dan US NAVY Mobile Construction Battlion 4 (NMCB 4) melaksanakan program renovasi gedung SDN Duduksampeyan di Gresik, Jumat (21/0619).

Program renovasi yang sudah dimulai sejak tanggal 17 Juni ini ditargetkan selesai pada tanggal 2 Agustus 2019, bersamaan dengan pelaksanaan CARAT 2019. Sementara itu menurut rencana, Satgas UT ENCAP akan melaksanakan pekerjaan pembangunan ruang kelas ukuran 7 m x16 m, dengan satu ruangan dilengkapi instalasi untuk mendukung 20 buah komputer standar pengujian dari Dinas Pendidikan.

Kemudian pekerjaan pengecatan tembok untuk teras dan gerbang masuk sekolah, renovasi perpustakaan meliputi pekerjaan pengecatan dinding luar dan dalam gedung perpustakaan, pemasangan kusen, daun pintu, dan 2 jendela serta pekerjaan pagar sepanjang 40 m, papan nama sekolah, serta drainase SDN Duduksampeyan Gresik.

Menurut Kapten Mar Maykel Indra N yang kesehariannya menjabat sebagai Pasiops Yon Zeni 2 Mar selaku Dan UT ENCAP, Prajurit Menbanpur 2 Mar selama kegiatan dibekali dengan material Tenda Peleton, Meja Lapangan, Fielbed dan juga Toolkit serta kendaraan Truck Liaz, Truck Isuzu, Dump Truk Hyna, Ambulans, dan juga Jeep KIA masing masing 1 unit, untuk menunjang jalannya latihan tersebut.

“Sejauh ini sejak dimulainya pekerjaan renovasi gedung SDN Duduksampeyan Gresik, dalam hal ini Marinir mampu bekerja sama dengan baik dan kompak dengan tim US Navy. Saya harap kerja sama ini dapat terjalin baik selama renovasi berlangsung sehingga Satgas UT ENCAP bisa memenuhi target yang ditentukan,“ terang Kapten Mar Maykel Indra N.

Sebagaimana pernah diberitakan jika dan US Navy telah mencapai kesepakatan mengenai rencana program Latihan Bersama (Latma) Cooperation Afloat Readiness And Training (CARAT) 2019. Kesepakatan itu ditandatangani oleh kedua belah pihak pada saat rapat penutupan Final Planning Conference (FPC) di Hotel JW Marriot Surabaya pada akhir April lalu.

Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit dan juga US Navy mengenai doktrin taktik dan teknik peperangan laut, operasi amfibi dan penanggulangan bencana alam. Selain itu juga untuk meningkatkan hubungan bilateral antar Angkatan Laut kedua negara, dengan prinsip saling menghormati dan menghargai sesama negara yang berdaulat. (dev/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO