Jokowi Batal Umumkan Susunan Kabinet, Makanan, Sound Sistem Sia-sia

Jokowi Batal Umumkan Susunan Kabinet, Makanan, Sound Sistem  Sia-sia Tempat Jokowi mengumumkan susunan kabinet sudah matang. Tapi ternyata Jokowi batal mengumumkan kabinetnya malam ini. Foto: merdeka.com

JAKARTA(BangsaOnline) Presiden batal mengumumkan kabinet malam ini di Dermaga 300 Terminal Operasi III IPC Pusat Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara. Sejumlah petugas pun merasa kecewa atas pembatalan tersebut.

Seorang petugas pelabuhan yang enggan disebutkan namanya mengaku telah menanti kehadiran sang Presiden tersebut sejak kemarin. "Yah yang ditunggu gak dateng," ujar petugas tersebut, mengenakan rompi warna hijau dengan seragam merah di Terminal III Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (22/10).

Sejumlah petugas pun kemudian berfoto di area panggung yang telah disiapkan. Bahkan, di antaranya mereka ingin berfoto dengan wartawan yang meliput.

"Pak nya nggak jadi datang, kita foto saja," ujar petugas tersebut.

Sebelumnya, Biro Pers Istana Kepresidenan mengatakan Presiden batal mengumumkan kabinetnya malam ini. Belum diketahui apa penyebab pembatalan tersebut.

Padahal panggung berukuran 20x10 meter sudah berdiri di Terminal Operasi III sejak kemarin. Sejumlah sound system dan lighting dipasang di crane peti kemas impor sejak Minggu.

Tenda putih berukuran 40x20 berdiri mewah di sana. Dilapisi karpet merah, tersedia makanan berat dan ringan serta dua kulkas mini. Tenda tersebut juga dilengkapi pendingin ruangan dan WC VVIP di belakang tenda.

Selain itu, sejumlah fasilitas lain yang juga disiapkan menggunakan anggaran IPC seperti 10 unit bus pariwisata dan KM Mabohai yang rencananya akan digunakan untuk mengumumkan para menteri terpaksa menganggur.

Batalnya mengumumkan susunan kabinet memang mengecewakan banyak pihak. Para petugas tata suara yang disewa pihak istana juga mengeluh. Mereka sudah berada di Dermaga 300, Terminal 3 Tanjung Priok sejak dua hari lalu. Bahkan untuk menunggui peralatan yang berharga mahal itu, mereka tidur beralaskan kardus.

Tomi dan kawan-kawan merupakan 9 orang petugas sound system Clair Bros yang disewa oleh tim Presiden Joko Widodo (). Mereka telah datang dan mulai memasang perlengkapan sound system tersebut sejak Minggu (19/10) lalu.

Tomi mengatakan, sejak perjanjian awal mereka disewa untuk hari Selasa (21/10) oleh tim Presiden untuk acara pengumuman menteri kabinetnya. Biaya sewa sebesar Rp 30 juta per hari.

"Awalnya memang mereka bilang buat acara Selasa, tapi diundur hari ini, eh ternyata enggak jadi juga," ujar Tomi kepada wartawan di lokasi acara Rabu (22/10) malam. Ia mengaku bingung apa sewanya masih akan dibayar oleh pihak istana.

Tomi dan kawan-kawan sejak Minggu lalu sampai saat ini mengaku sehari-hari tidur beralaskan kardus berukuran 1x50 centimeter. "Selama 3 hari ini kami tidur beralasan kardus dan makan pun pakai uang sendiri," katanya.

Selain itu, Tomi mengakui, pihaknya membawa 1.200 watt untuk sound system yang dipersiapkan untuk acara tersebut.

Tomi menambahkan, selain kesulitan tidur, dirinya bersama delapan temannya tersebut juga kesulitan untuk mendapatkan makanan. "Kita makan pake duit sendiri dan harus jalan sepanjang 1 kilometer dari tempat ini, susah banget buat minum apalagi buat cari makan," keluhnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO