Rabu, 19 Februari 2020 11:44

Dua Pekan, Polres Gresik Ungkap 1.033 Kasus Mulai Pembobolan ATM Hingga Petasan

Selasa, 28 Mei 2019 14:52 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Dua Pekan, Polres Gresik Ungkap 1.033 Kasus Mulai Pembobolan ATM Hingga Petasan
AKBP Wahyu S Bintoro saat memamerkan para pelaku kejahatan. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Polres Gresik merilis hasil operasi pekat yang digelar 15 - 26 Mei lalu. Hasilnya, sebanyak 1.033 kasus kejahatan berhasil diungkap.

Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro menyatakan, 1.003 kasus itu terdiri dari kasus pembobolan ATM dan premanisme sebanyaj 676 kasus, prostitusi 5 kasus, perjudian 11 kasus, narkoba 18 kasus, miras 268 kasus, dan petasan 55 kasus.

Untuk kasus pembobolan ATM, Polres Gresik menangkap komplotan pelaku yang beraksi di gerai ATM Gresik Kota Baru, Kecamatan Manyar. "Pelaku merupakan pembobol ATM antar kota lintas provinsi," ujar Kapolres saat ekspos di halaman Mapolres setempat, Selasa (28/5).

Menurut ia, ada tiga pelaku pembobolan ATM, yakni Rei (22) dan Redy (40) warga Kecamatan Kota Agung Timur, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, dan Siswo (41) warga Kecamatan Prambon, Kabupaten Sidoarjo.

Menurut Kapolres, para sudah beraksi di sebanyak 43 TKP khusus untuk Jawa Barat saja, kemudian di Jawa Tengah sebanyak 28 TKP, Banten sebanyak 8 TKP, Jakarta sebanyak 5 TKP, Yogyakarta sebanyak 5 TKP, di luar pulau Jawa sebanyak 22 TKP, sedangkan di Jawa Timur mereka beraksi di 26 TKP, termasuk di Kabupaten Gresik.

"Kami berhasil membekuk pelaku berawal dari informasi adanya pembobolan ATM Bank Jatim pada tanggal 15 Maret 2019. Kemudian, tim Black Panther saat sedang patroli di daerah Manyar mencurigai satu unit mobil jenis Toyota Terios warna hitam berada di TKP pukul 02.00 WIB," terangnya.

Untuk memastikan, petugas langsung masuk ke dalam gerai dan melihat Rey dan Redy sedang beraksi. Keduanya lalu diamankan. Petugas juga melakukan penggeledahan di dalam mobil dan menemukan sejumlah uang dan barang bukti berupa ATM, tang, garpu, dan kawat.

"Satu orang dari Lampung DPO sedang kita lakukan pengejaran," jelas Kapolres.

Adapun modus pelaku saat beraksi, yakni dengan cara melakukan transaksi mengambil uang di ATM jenis wincor sebesar Rp 1.250.000, lalu saat uang mau keluar diganjal dengan garpu, besi pengait, dan tang.

"Pelaku pakai ATM yang ada uangnya, saldo tidak berkurang, dan uangnya bisa diambil. Ketiga pelaku saat beraksi sekali transaksi mendapat upah sebesar Rp 3 sampai 5 juta ," jelasnya.

"Untuk memuluskan aksinya, pelaku memasang orang di daerah. Yakni ada satu orang yang bertugas menjadi guide mengantar dua pelaku yang bertugas sebagai eksekutor di gerai-gerai ATM," beber Kapolres.

Selain pelaku, polisi berhasil mengamankan barang bukti (BB) 2 kartu ATM BRI, 1 kartu ATM Bank Niaga, 1 kartu ATM Bank Mandiri, 3 kartu ATM Bank BNI dan uang sebesar Rp 8,3 juta. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 29 Januari 2020 22:31 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Mendengar kata Gunung Kelud, orang pasti membayangkan kedahsyatan letusannya. Sekali meletus, abu Gunung Kelud bisa menghentikan operasional beberapa bandara. Bahkan, bandara di Yogya pun harus berhenti beroperasi ketika Gu...
Senin, 17 Februari 2020 20:01 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanGus Sholah. Panggilan yang enak didengar. Sekaligus menyejukkan. Siapa pun yang pernah bertemu, berbincang – apalagi akrab. Pasti terkesan: santun, tawaddlu’, sederhana, egaliter dan moderat. Moderat sesungguhnya. Bukan ...
Senin, 10 Februari 2020 11:55 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*81. Waqul jaa-a alhaqqu wazahaqa albaathilu inna albaathila kaana zahuuqanDan katakanlah, “Kebenaran telah datang dan yang batil telah lenyap.” Sungguh, yang batil itu pasti lenyap.TAFSIR AKTUALTidak sama an...
Rabu, 29 Januari 2020 10:58 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...