Kamis, 21 November 2019 04:57

Serunya Ribuan Santri di Jombang Saat Mudik Bareng

Minggu, 26 Mei 2019 00:43 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
Serunya Ribuan Santri di Jombang Saat Mudik Bareng
Para santri bersiap menaiki kereta. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Mudik atau pulang kampung merupakan hal yang paling ditunggu para santri, khususnya mudik untuk menyambut libur lebaran. Apalagi jika perjalanan mudik itu dilakukan bareng para santri lainnya, tentu bakal lebih seru.

Suasana itulah yang tampak di Stasiun Jombang. Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren di Jombang yang hendak mudik, memadati stasiun. Mayoritas santri memang mudik menggunakan kereta api (KA).

Salah satunya adalah Nabila Safah (17), santri Pondok Pesantren (PP) Putri Walisongo, Cukir, Jombang. "Saya mau mudik ke Jakarta, ini sama 20 lebih teman satu pondok," kata santri asal Jakarta ini kepada wartawan di lokasi, Sabtu (25/5/2019).

Menurut Nabila, perjalanan mudiknya selalu seru karena bareng rekan sesama santri. Apalagi momen mudik kali ini bersamaan dengan libur sekolah semester genap.

Begitu KA Gaya Baru Malam memasuki Stasiun Jombang, ribuan santri yang sudah menunggu di peron stasiun, nampak tertib menuju ke tempat duduk masing-masing. Raut wajah ceria menunjukkan ketidaksabaran mereka untuk bertemu keluarga di kampung halaman.

Totok Kushindarto, Wakil Kepala Stasiun Jombang mengatakan, gelombang mudik santri terjadi mulai kemarin hingga dua hari ke depan, dikarenakan libur para santri sudah dimulai.
"Tujuan mudik para santri paling banyak ke Jakarta, Cirebon, dan Bandung. Ada juga yang ke Banyuwangi, Jember, dan Yogyakarta," terangnya.

Menurut dia, KA yang paling banyak dipilih para santri adalah kelas ekonomi. Seperti KA Gaya Baru Malam, Pasundan dan Sritanjung. (ony/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Jumat, 15 November 2019 23:45 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Wisata Budaya Taneyan Lanjhang yang terletak di Dusun Buddagan I Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan semakin diminati wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Taneyan Lanjhang merupakan rum...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Senin, 18 November 2019 12:31 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*71. Yawma nad’uu kulla unaasin bi-imaamihim faman uutiya kitaabahu biyamiinihi faulaa-ika yaqrauuna kitaabahum walaa yuzhlamuuna fatiilaan.(Ingatlah), pada hari (ketika) Kami panggil setiap umat dengan pemimpi...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...