Pimpin Sidang UCLG ASPAC di Cina, Wali Kota Risma Paparkan Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda

Pimpin Sidang UCLG ASPAC di Cina, Wali Kota Risma Paparkan Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda Risma bersama para Wali Kota se-ASEAN.

YIWU, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang sekaligus Presiden United Cities and Local Government (UCLG) Asia Pasific menghadiri acara UCLG ASPAC First Sessions of 2019 Executive Bureau Meeting & Yiwu Dialogue on International Economic and Trade Coorporation di Kota Yiwu China.

Acara yang digelar selama enam hari mulai dari 21-26 Mei 2019 itu, bekerja sama dengan Chinese Peoples for Association for Friendship with Foreign Countries (CPAFFC), Belt and Road Local Coorporation dan Pemerintah Kota Yiwu, China.

Forum pertemuan ini dihadiri para anggota UCLG ASPAC, para ahli serta perwakilan berbagai institusi. Tujuan kegiatan tersebut adalah mendiskusikan kerja sama, tukar pengalaman terkait keberhasilan dalam pembangunan, dan membahas peluang peningkatan kerja sama. Dalam berbagai forum, Risma diberi mandat untuk memimpin sidang dan memberikan sambutan.

Risma memberikan sambutan dalam acara Standing Comitte Meeting di ASEAN Mayor Forum (AMF). Saat itu, ia menyampaikan beberapa poin tentang perkembangan kota dan rencana aksi ke depan. Poin tersebut di antaranya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, mengurangi dampak bencana alam, melindungi lingkungan, mengurangi dampak perubahan iklim dan poin terakhir yang terlibat dalam kegiatan ekonomi secara inklusif.

"Ini yang penjadi poin prioritas yang kita perlu bahas," kata Risma.

Di forum para wali kota se-ASEAN itu, Risma juga menyampaikan pada saat menghadiri konferensi di Inggris, banyak pakar yang menyampaikan bahwa pada tahun 2040, pemerintah daerah (pemda) atau pemerintah kota (pemkot) akan lebih penting dalam meningkatkan kesuksesan sebuah negara.

“Ini dikarenakan nantinya peranan masyarakat sangat dibutuhkan dan teredukasi dengan baik. Terlebih pemerintah kota lebih dekat dengan warganya," ujarnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO