Senin, 22 Juli 2019 22:05

Pemkab Gresik Empat Kali Raih Opini WTP dari BPK

Jumat, 24 Mei 2019 16:07 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Pemkab Gresik Empat Kali Raih Opini WTP dari BPK
Bupati Sambari didampingi Ketua DPRD Nurhamim saat menerima sertifikat WTP dari BPK.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik keempat kalinya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) 2018. Predikat serupa sebelumnya diraih untuk laporan keuangan 2015, 2016 dan 2017.

Opini WTP dari BPK tersebut diterima oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dari Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Harry Purwaka, di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Jumat (24/5) pagi.

Raihan WTP ini membuktikan bahwa akuntabilitas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) benar-benar teruji. Predikat apik tersebut berdasarkan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Timur beberapa waktu yang lalu.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jatim mengatakan, bahwa pemberian predikat terhadap kabupaten/kota tersebut adalah atas pelaporan laporan keuangan pemerintah yang berbasis akrual.

Akrual adalah metode akuntansi di mana penerimaan dan pengeluaran diakui atau dicatat ketika transaksi terjadi. Bukan ketika uang kas untuk transaksi-transaksi tersebut diterima atau dibayarkan.

"Penggunaan sistem berbasis akrual inilah yang akan membuat transparansi di bidang laporan keuangan berjalan semakin baik. Saya ucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Gresik dan juga kabupaten/kota lainnya yang telah meraih opini WTP," ujar Harry Purwaka.

Sementara Bupati Sambari mengatakan, opini WTP dari BPK tersebut akan menjadi motivasi bagi Pemkab Gresik dan seluruh jajarannya untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran. "Alhamdulillah kami sangat bersyukur. Prestasi ini kami dapatkan seiring dengan Standart Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang sudah berpredikat A," katanya.

Ia menyebutkan, opini WTP yang diperoleh Kabupaten Gresik ini tidaklah mudah untuk didapat. Melainkan, melalui berbagai proses dengan mengedepankan fungsi dan sistem pengendalian internal.

Bupati mengungkapkan, arahan dan catatan dari BPK dari tahun-tahun sebelunya terus diperbaiki. "Sehingga menurunkan tingkat kesalahan, serta pengelolaan keuangan menjadi semakin efektif, efisien, dan akuntabel," terangnya.

Ia berharap, Pemkab Gresik bersama seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat terus konsisten dalam upaya mengingkatkan akuntabilitas. "Saya berharap prestasi yang sudah baik ini dapat secara konsisten untuk dipertahankan. Sehingga kinerja pemerintah daerah semakin baik, professional dan akuntabel," pungkasnya. (hud/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...