Rabu, 18 September 2019 14:56

Pemkab Gresik Empat Kali Raih Opini WTP dari BPK

Jumat, 24 Mei 2019 16:07 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Pemkab Gresik Empat Kali Raih Opini WTP dari BPK
Bupati Sambari didampingi Ketua DPRD Nurhamim saat menerima sertifikat WTP dari BPK.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik keempat kalinya meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan hasil pemeriksaan (LHP) atas LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) 2018. Predikat serupa sebelumnya diraih untuk laporan keuangan 2015, 2016 dan 2017.

Opini WTP dari BPK tersebut diterima oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dari Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Harry Purwaka, di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Jumat (24/5) pagi.

Raihan WTP ini membuktikan bahwa akuntabilitas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) benar-benar teruji. Predikat apik tersebut berdasarkan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Timur beberapa waktu yang lalu.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Jatim mengatakan, bahwa pemberian predikat terhadap kabupaten/kota tersebut adalah atas pelaporan laporan keuangan pemerintah yang berbasis akrual.

Akrual adalah metode akuntansi di mana penerimaan dan pengeluaran diakui atau dicatat ketika transaksi terjadi. Bukan ketika uang kas untuk transaksi-transaksi tersebut diterima atau dibayarkan.

"Penggunaan sistem berbasis akrual inilah yang akan membuat transparansi di bidang laporan keuangan berjalan semakin baik. Saya ucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Gresik dan juga kabupaten/kota lainnya yang telah meraih opini WTP," ujar Harry Purwaka.

Sementara Bupati Sambari mengatakan, opini WTP dari BPK tersebut akan menjadi motivasi bagi Pemkab Gresik dan seluruh jajarannya untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran. "Alhamdulillah kami sangat bersyukur. Prestasi ini kami dapatkan seiring dengan Standart Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang sudah berpredikat A," katanya.

Ia menyebutkan, opini WTP yang diperoleh Kabupaten Gresik ini tidaklah mudah untuk didapat. Melainkan, melalui berbagai proses dengan mengedepankan fungsi dan sistem pengendalian internal.

Bupati mengungkapkan, arahan dan catatan dari BPK dari tahun-tahun sebelunya terus diperbaiki. "Sehingga menurunkan tingkat kesalahan, serta pengelolaan keuangan menjadi semakin efektif, efisien, dan akuntabel," terangnya.

Ia berharap, Pemkab Gresik bersama seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat terus konsisten dalam upaya mengingkatkan akuntabilitas. "Saya berharap prestasi yang sudah baik ini dapat secara konsisten untuk dipertahankan. Sehingga kinerja pemerintah daerah semakin baik, professional dan akuntabel," pungkasnya. (hud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...