Rabu, 19 Juni 2019 12:45

Polres Gresik Launching Dumas Online Kriminal Khusus, Adukan Tindak Pidana Cukup Lewat Aplikasi

Jumat, 17 Mei 2019 15:16 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Polres Gresik Launching Dumas Online Kriminal Khusus, Adukan Tindak Pidana Cukup Lewat Aplikasi
AKBP Wahyu Sri Bintoro

GRESIK, BANGSAONLINEcom - Polres Gresik kembali berinovasi kreatif untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Terbaru, Kapolres AKBP Wahyu Sri Bintoro bekerja sama dengan AKBP Krishadi Permadi membuat program pengaduan masyarakat (Dumas) Online Kriminal Khusus yang dilaunching di Aula Polres Gresik, Jumat (17/4), pagi.

Launching ini juga dihadiri sejumlah perwakilan pejabat forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda).

Kapolres menyatakan, Dumas Online Kriminal Khusus sengaja dibuat untuk membantu masyarakat dalan mengadukan tindak pidana yang mereka temui. Termasuk, untuk membantu mengkontrol kinerja aparatur kepolisian di wilayah mereka.

"Dumas Online ini juga bertujuan untuk pengawasan kinerja Polres Gresik. Misalnya, masyarakat menemukan bukti ada polisi korupsi atau tak baik dalam memberikan pelayanan publik bisa dilaporkan lewat Dumas Online," terangnya.

Menurut Kapolres, ada tiga pengaduan yang bisa ditindaklanjuti. Pertama, pengaduan perkara tindak pidana ekonomi. Kedua, pengaduan perilaku anggota kriminal khusus (krimsus) yang menyimpang. Dan, ketiga pengaduan tindak pidana di luar tindak pidana ekonomi.

Ia kemudian mencontohkan pengaduan tindak pidana ekonomi, seperti tindak pidana lingkungan hidup (LH). "Masyarakat yang mendapati bukti ada pencemaran lingkungan di daerahnya misalnya bisa diadukan lewat aplikasi tersebut. Tentunya, pengadu harus menggunakan data valid yang didukung nomor induk kependudukan (NIK), yang telah teregister. Hal ini untuk menghindari pengaduan palsu,"paparnya.

Ia menjelaskan, cara mengakses aplikasi Dumas Kriminal Khusus cukup mudah. Cukup download aplikasinya di google play, lalu registrasi sesuai identitas resmi. "Nah, ketika sudah terdaftar, masyarakat tinggal memfoto tindak pidana yang ditemui, lalu dikirim ke aplikasi Dumas Online. Kemudian operator meneruskannya ke fungsi reskrim khusus untuk tindaklanjutnya," terangnya.

"Intinya, layanan ini selain memudahkan masyarakat mengadukan tindak pidana, juga untuk mempercepat penanganan. Sehingga, masyarakat tak perlu jauh-jauh datang ke Polres atau Polsek dulu untuk mengadukan tindak pidana yang dijumpai," katanya.

Kapolres menjamin akan melindungi identitas pengadu jika khawatir diketahui pihak yang dilaporkan atau khalayak, atau bahkan diadukan dengan tuduhan melakukan tindak pidana informasi dan transaksi elektronik (ITE) sesuai yang diatur di UU Nomor 11 tahun 2008, tentang ITE.

"Kalau ada pengadu yang tak mau jadi saksi ketika pidana yang diadukan benar dan ditindaklanuti reskrim, akan kami lindungi," pungkasnya. (hud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Minggu, 09 Juni 2019 23:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag53. Waqul li’ibaadii yaquuluu allatii hiya ahsanu inna alsysyaythaana yanzaghu baynahum inna alsysyaythaana kaana lil-insaani ‘aduwwan mubiinaan.Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku, “Hendaklah mereka mengu...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Sabtu, 08 Juni 2019 16:07 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...