Penanganan Bencana Butuh Partisipasi Masyarakat

Penanganan Bencana Butuh Partisipasi Masyarakat Gotong royong pembersihan saluran air di Pandaan, Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Penanganan dan penanggulangan bencana tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja. Penanganan dan penanggulangan butuh pastisipasi semua lapisan masyarakat. Hal itu disampaikan Bhakti Jati Permana, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan di sela-sela acara kesiapsiagaan bencana di Kecamatan Pandaan, Pasuruan, Sabtu (4/5).

"Perlu dukungan dan partisipasi aktif masyarakat dalam penanggulangan bencana. Semua harus gotong royong dalam menangani bencana," ujar Bakti Permana.

Sampai saat ini, ia mengatakan beberapa desa di wilayah Pasuruan yang rawan bencana sudah mendapat pelatihan dasar cara penangan soal bencana. Dalam kegiatan di Pandaan, lokasi yang dipilih berupa pembersihan saluran pembuang di wilayah Pandaan. Di lokasi tersebut kerap terjadi luapan genangan banjir akibat saluran tersumbar sampah dan lumpur.

"Kegiatan yang dilakukan berupa pembersihan sampah dan rumput di area sungai," jelas Bhakti Permana.

Tak hanya pegawai BPBD saja yang ikut terjun langsung melakukan pembersihan sampah, dari unsur relawan, masyarakat, anggota TNI dan Polri ikut melakukan pembersihan. Respons masyakarat terhadap kegiatan bersih-bersih saluruan cukup tinggi. Dukungan masyarakat cukup bagus pada kegiatan tersebut. Mereka bergotong royong membersihkan sampah dan sampah hasil kerja bakti langsung diangkut ke TPA dengan menggunakan kendaraan BLH .

Untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam penanggulangan bencana, BPBD juga menyerahkan bantuan simbolis pada relawan di Kecamatan Prigen. Bantuan yang diserahkan berupa mesin pemotong rumput dan peralatan dapur umum kepada desa Kadawungkulon. (bib/par/ns)   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO