Alasan Takut Malu Tak Lulus, Jokowi Seleksi Menteri Tertutup

JAKARTA(BangsaOnline) Presiden terpilih Joko Widodo melakukan seleksi tertutup kandidat calon menteri yang akan mengisi kabinetnya 5 tahun mendatang. Sejumlah pihak mengkritik cara itu dan mendesak transparan. Namun Wakil Presiden terpilih mengungkap alasan mengapa seleksi dilaksanakan tertutup.

"Coba kalau kau diseleksi dan tidak lulus, malunya kayak apa orangnya kan. Masing-masing beda kan. Tapi kalau kalian masuk seleksi menteri, tiba-tiba enggak lulus gimana?" ujar JK di Taman Suropati usai bertemu , Jumat (10/10).

JK menegaskan seleksi menteri tertutup yang dilakukan bukan transaksional. Sebab, seleksi yang dilakukan memperhatikan rekam jejak, kemampuan leadership, dan integritas tiap kandidat menteri. "Pasti kita periksa rekam jejaknya," ujar JK.

Mengenai jatah menteri dari anggota Koalisi Indonesia Hebat, JK memastikan hal itu sudah otomatis. Namun siapa saja yang dipilih, masih akan dibahas. "Kalau (jatah) partai otomatis partai yang bergabung dengan kita. Nantilah perkembangan-perkembangan sebelum tanggal 20 Oktober," kata JK.

Terkait posisi menteri koordinator, JK mengungkapkan tidak mempermasalahkan dari kalangan profesional atau parpol. "Menko boleh profesional, boleh partai politik. Masih ada 10 hari, tenang saja," tukasnya.

JK memastikan jumlah menteri di kabinet mendatang ada 33 orang. "Ya 33," pungkasnya.

Sumber: merdeka.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO