Bupati Blitar Pimpin Apel Gelar Pasukan Penyerahan Personel Sat Linmas Pemilu 2019

Bupati Blitar Pimpin Apel Gelar Pasukan Penyerahan Personel Sat Linmas Pemilu 2019

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Bupati Blitar Rijanto memimpin apel gelar pasukan dalam rangka penyerahan Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) kepada Polres Blitar dan Polres Blitar kota. Penyerahan parsonel Sat Linmas ini untuk pengamanan pelaksanaan pemilu 2019. Apel gelar pasukan digelar di Lapangan Alun-alun Pemkab Blitar di Kanigoro Jumat(05/04).

Dalam sambutannya, Bupati Blitar menyampaikan agar Sat Linmas sebagai salah satu pelaksana lebih profesional dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam pengamanan pemilu 2019.

“Dengan ini kami serahkan kepada Kapolres dan Kapolresta untuk diadakan pembinaan dan pelatihan seperlunya agar dapat tepat guna dalam pelaksaan tugas pengamanan,” ungkap Bupati Blitar Rijanto.

Bupati menambahkan jika tahun 2019 ini adalah tahun istimewa karena Pemilu secara serentak pertama kalinya dilaksanakan. Total ada 10.966 personil Sat Linmas yang diserahkan ke Polres Blitar dan Polres Blitar Kota.

Rincianya untuk wilayah Polres Blitar Kota ada 6 wilayah kecamatan, 77 Desa/Kelurahan, dan 1.520 TPS akan diperkuat anggota Sat Linmas sebanyak 3.485 personil. Sedangkan Polres Blitar ada 16 wilayah kecamatan terdiri dari 171 desa/kelurahan dan 3.233 TPS, akan diperkuat 7.481 personil Sat Linmas.

"Kami berharap semua berjalan baik dan lancar, pemilu berjalan sukses baik di Kabupaten Blitar maupun skala nasional dengan dukungan seluruh elemen," imbuhnya.

Bupati juga berharap agar semua elemen masyarakat bersama-sama turut serta menyukseskan pemilu tahun 2019, tidak terkecuali Sat Linmas yang secara langsung mempunyai kewajiban pengamanan di setiap TPS.

“Linmas tidak boleh dipandang sebelah mata, karena keberadaan Linmas dari, oleh, dan untuk masyarakat dan selalu berada di tengah-tengah masyarakat sehingga mengetahui kondisi real dari masyarakat,” jelas Bupati.

Sementara itu Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar Suyanto mengatakan, secara resmi personil Sat Linmas yang dimiliki Kabupaten Blitar telah diserahkan kepada pihak Kepolisian. Termasuk penataan personil sepenuhnya menjadi kewenangan pihak kepolisian

"Ini sesuai aturan dan prosedur bahwa pemerintah daerah harus menyediakan Sat Linmas untuk membantu mem-back up pengamanan pelaksanaan pemilu," papar Suyanto. (adv/humas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO