Selasa, 23 Juli 2019 03:03

Sekda Madiun Imbau Optimalkan Penggunaan Anggaran Pengadaan Barang dan Jasa

Rabu, 20 Maret 2019 18:41 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Utomo
Sekda Madiun Imbau Optimalkan Penggunaan Anggaran Pengadaan Barang dan Jasa
Sekretaris Daerah Kota Madiun Rusdiyanto dalam Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Pengadaan barang dan jasa mempunyai peranan penting dan strategis dalam pelaksanaan pembangunan bangsa. Khususnya, terhadap peningkatan pelayanan publik serta pengembangan perekonomian nasional dan daerah. Karena itu, diperlukan komitmen yang kuat antara pemerintah dan pelaku pengadaan yang terlibat di dalamnya untuk melaksanakan kegiatan tersebut sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Kota Madiun Rusdiyanto dalam Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa di Gedung Diklat, Rabu (20/3).

''Pelaksanaan kegiatan harus sesuai Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Beserta Turunannya dapat berjalan maksimal,'' ucapnya.

Rusdiyanto menjelaskan, pelaksanaan tender barang dan jasa pada dasarnya adalah menciptakan tertibnya proses pengadaan barang dan jasa pemerintah sesuai aturan yang berlaku. Sehingga, nantinya akan mendapatkan ketersediaan barang dan jasa yang terjangkau dan berkualitas. Serta, dapat dirasakan langsung untuk peningkatan pelayanan publik.

Pada Perpres 16 Tahun 2018, lanjut Rusdiyanto, ditekankan bahwa pengadaan barang dan jasa pemerintah tidak sekadar mencari harga termurah dari penyedia. Tetapi, bertujuan untuk menghasilkan barang dan jasa yang tepat dari setiap anggaran yang digunakan. Hal ini diukur dari aspek kualitas, jumlah, waktu, biaya, dan penyedia. Atau, value for money.

''Setiap rupiah yang dibelanjakan harus mampu memberikan nilai tambah bagi pencapaian kebutuhan barang dan jasa,'' tegasnya di hadapan para penyedia barang dan jasa di Kota Madiun.

Oleh karena itu, bimtek kali ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelaku pengadaan. Dalam hal ini, khususnya bagi penyedia. Baik penyedia barang, jasa lainnya, jasa konsultasi, dan jasa konstruksi terhadap proses pelaksanaan pengadaan. Baik melalui tender maupun non tender dengan standar dokumen pemilihan sesuai Perpres 16 Tahun 2018 dan aturan turunannya. Serta, pelaksanaan sistem informasi kinerja penyedia (SIKaP).

Dengan adanya pelaksanaan bimtek ini, Rusdiyanto berharap pelaku penyedia barang dan jasa mendapatkan informasi dan pemahaman peraturan dan ketentuan yang berlaku di dalam pelaksanaan tender pemerintah.

''Supaya di dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, para penyedia, khususnya penyedia di Kota Madiun, dapat meningkatkan kapasitas perusahaannya. Baik dalam peningkatan SDM maupun sarana prasarananya. Sehingga, mampu bersaing dalam bidang pengadaan barang dan jasa pemerintah,'' paparnya.

Ia menambahkan, pada tahapan pengadaan barang dan jasa sesuai pemetaan Pemprov dan KPK beberapa waktu lalu, tahapan pengadaan barang dan jasa ini termasuk di antara zona yang paling rawan terjadinya tindak pidana korupsi.

Untuk itu, Pemkot Madiun terus berupaya semaksimal mungkin untuk berbenah. Bahkan, secara kelembagaan akan dibentuk khusus yang menangani barang dan jasa. ''Dengan adanya bagian tersendiri yang menangani barang dan jasa, diharapkan akan lebih optimal dalam pelaksanaan penyediaan barang dan jasa,'' ujarnya.

Rusdiyanto juga berharap, para penyedia barang dan jasa dapat mendukung pembenahan ini. Sehingga, proses pengadaan barang dan jasa pemerintah di Kota Madiun nantinya dapat berjalan lebih baik, transparan, dan independen. (hen/ian)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...