Minggu, 26 Mei 2019 23:06

Tingkatkan Pengetahuan Peternak, Pemkab Pasuruan Gelar Bimtek Ternak Kambing Modern

Jumat, 15 Maret 2019 18:20 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Habibi
Tingkatkan Pengetahuan Peternak, Pemkab Pasuruan Gelar Bimtek Ternak Kambing Modern
Bimtek ternak kambing moderen di Desa Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Guna memberikan pemahaman dan peningkatan pengetahuan tentang tata cara ternak kambing yang baik, Pemkab Pasuruan menggelar pelatihan berupa bimbingan teknis (Bimtek) melalui Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan.

Bimtek kepada puluhan peternak Kambing di Desa Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten setempat ini dilakukan supaya ada perubahan pola ternak yang dilakukan masyarakat agar hasilnya lebih produktif.

Menurut keterangan Kepala Bidang Produksi Ternak Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Ari Widodo, kegiatan bimtek budidaya kambing yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi peternak kambing.

"Utamanya, dalam tata cara beternak kambing yang baik. Ada perubahan perilaku dari peternak kambing agar pemeliharaan lebih modern. Selama ini banyak peternak hanya menggembala kambing di ladang, cara masih tradisional (semi Insentif)," jelasnya.

Ia menambahkan, manajemen pengelolaan ternak tradisional seperti itu memang menghasilkan keuntungan. Akan tetapi hasilnya lebih bagus jika kambing dikelola secara insentif. Artinya, perawatan terjaga, pakan diberi konsentrat, hingga soal kesehatan harus diperhatian.

Dengan pola modern justru akan membuat kambing cepat gemuk dan sehat. Untuk merubah perilaku itu memang tidak gampang. Makanya pihak dinas akan berupaya memberikan contoh kepada mereka bagaimana cara beternak yang baik.

"Manfaat bagi peternak kambing di jangka panjang adalah peningkatan pendapatan hingga tercapainya swasembada daging di Kabupaten Pasuruan lebih menungkat," tambah Ari.

Kabupaten Pasuruan sendiri sudah banyak peternak kambing dengan sistem budidaya modern. Seperti di Kecamatan Prigen, Kecamatan Lumbang, upaya menumbuhkembangkan ternak kambing baru, akan terus dilakukan pihak Dinas.

Dengan harapan untuk peningkatan swasembada daging juga untuk meningkatan pendapatan peternak. Pasalnya bisnis kambing ini dianggap masih prospektif karena pangsa pasar masih cukup bagus. (bib/par/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Minggu, 26 Mei 2019 13:06 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag42. qul law kaana ma’ahu aalihatun kamaa yaquuluuna idzan laibtaghaw ilaa dzii al’arsyi sabiilaanKatakanlah (Muhammad), “Jika ada tuhan-tuhan di samping-Nya, sebagai-mana yang mereka katakan, niscaya tuhan-t...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...