Rabu, 20 Maret 2019 17:22

Tingkatkan Pengetahuan Peternak, Pemkab Pasuruan Gelar Bimtek Ternak Kambing Modern

Jumat, 15 Maret 2019 18:20 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Ahmad Habibi
Tingkatkan Pengetahuan Peternak, Pemkab Pasuruan Gelar Bimtek Ternak Kambing Modern
Bimtek ternak kambing moderen di Desa Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Guna memberikan pemahaman dan peningkatan pengetahuan tentang tata cara ternak kambing yang baik, Pemkab Pasuruan menggelar pelatihan berupa bimbingan teknis (Bimtek) melalui Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan.

Bimtek kepada puluhan peternak Kambing di Desa Nguling, Kecamatan Nguling, Kabupaten setempat ini dilakukan supaya ada perubahan pola ternak yang dilakukan masyarakat agar hasilnya lebih produktif.

Menurut keterangan Kepala Bidang Produksi Ternak Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Ari Widodo, kegiatan bimtek budidaya kambing yang dilakukan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan bagi peternak kambing.

"Utamanya, dalam tata cara beternak kambing yang baik. Ada perubahan perilaku dari peternak kambing agar pemeliharaan lebih modern. Selama ini banyak peternak hanya menggembala kambing di ladang, cara masih tradisional (semi Insentif)," jelasnya.

Ia menambahkan, manajemen pengelolaan ternak tradisional seperti itu memang menghasilkan keuntungan. Akan tetapi hasilnya lebih bagus jika kambing dikelola secara insentif. Artinya, perawatan terjaga, pakan diberi konsentrat, hingga soal kesehatan harus diperhatian.

Dengan pola modern justru akan membuat kambing cepat gemuk dan sehat. Untuk merubah perilaku itu memang tidak gampang. Makanya pihak dinas akan berupaya memberikan contoh kepada mereka bagaimana cara beternak yang baik.

"Manfaat bagi peternak kambing di jangka panjang adalah peningkatan pendapatan hingga tercapainya swasembada daging di Kabupaten Pasuruan lebih menungkat," tambah Ari.

Kabupaten Pasuruan sendiri sudah banyak peternak kambing dengan sistem budidaya modern. Seperti di Kecamatan Prigen, Kecamatan Lumbang, upaya menumbuhkembangkan ternak kambing baru, akan terus dilakukan pihak Dinas.

Dengan harapan untuk peningkatan swasembada daging juga untuk meningkatan pendapatan peternak. Pasalnya bisnis kambing ini dianggap masih prospektif karena pangsa pasar masih cukup bagus. (bib/par/ian)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Minggu, 17 Maret 2019 23:15 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag28. Wa-immaa tu’ridhanna ‘anhumu ibtighaa-a rahmatin min rabbika tarjuuhaa faqul lahum qawlan maysuuraanDan jika engkau berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang engkau harapkan, maka kat...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...