Senin, 25 Maret 2019 17:51

Terjadi 33 Longsor di Kabupaten Blitar dalam 2 Bulan Terakhir

Jumat, 15 Maret 2019 15:06 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Akina Nur Alana
Terjadi 33 Longsor di Kabupaten Blitar dalam 2 Bulan Terakhir

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dampak musim penghujan menyebabkan bencana tanah longsor kembali menerjang wilayah rawan longsor di Kabupaten Blitar. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Heru Irawan mengatakan, jumlah kejadian bencana tanah longsor di Kabupaten Blitar tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya.

"Intensitas hujan cukup tinggi sejak awal tahun jadi memang memicu tanah longsor di beberapa titik," ungkap Heru, Jumat (15/3).

Menurut dia, BPBD mencatat setidaknya selama Januari hingga Februari 2019 sudah ada 33 kejadian tanah longsor. Longsor menerjang beberapa titik di wilayah perbukitan dan tebing di lereng Gunung Kelud yang mencakup Kecamatan Gandusari, Doko, Selorejo dan Kesamben.

"Jumlah ini mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2018. Di tahun 2018 selama Januari hingga Februari kami mencatat hanya ada 22 kejadian tanah longsor," jelas Heru.

Kerawanan ini kini tengah menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Blitar. Melalui BPBD, Pemkab Blitar gencar menyosialisasikan mitigasi bencana kepada masyarakat.

"Kerawanan ini memang perlu menjadi perhatian pemerintah. Oleh sebab itu ada sosialisasi mitigasi bencana. Disisi lain, kami juga berharap masyarakat terutama yang tinggal di daerah rawan lebih peka terhadal kondisi lingkungan tempat mereka tinggal," paparnya.

Selain tanah longsor, BPBD juga mengimbau warga untuk mewaspadai bencana lainya yang dimungkinkan datang seiring dengan musim penghujan. Seperti banjir dan puting beliung.

"Selain longsor memang untuk wilayah selatan seperti Sutojayan rawan banjir. Ada juga wilayah yang rawan puting beliung. Jadi kami imbau masyarakat tetap waspada," pungkasnya. (ina/ns)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
H. Suparto Wijoyo
Rabu, 20 Maret 2019 10:57 WIB
Oleh: H. Suparto Wijoyo*PAPUA menghadirkan duka pada saat yang nyaris setarikan nafas panjang atas tragedi yang menimpa Jamaah shalat Jumat di Masjid An Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat 15 Maret 2019. 49 orang tewas akibat pemberondongan...
Sabtu, 23 Maret 2019 12:18 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag29. Walaa taj’al yadaka maghluulatan ilaa ‘unuqika walaa tabsuthhaa kulla albasthi fataq’uda maluuman mahsuuraanDan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengul...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...