Pasuruan Dapat Bantuan TPS 3R dari Pemerintah Pusat

Pasuruan Dapat Bantuan TPS 3R dari Pemerintah Pusat

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - pada tahun 2019 kembali mendapat bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupa 6 lokasi TPS 3R. Jika dikalkulasi, total bantuan yang diberikan mencapai Rp 3 Miliar. Dana tersebut dipergunakan untuk pembangunan lokasi pembuangan sampah rumah tangga.

Hal tersebut diakui oleh Plt Kepala DLH Kabupaten Pasuruan, Indra Hernandi saat ditemui BANGSAONLINE.com. "Pasuruan pada tahun ini mendapat bantuan enam TPS (Tempat Pemuatan Sampah) berbasis reuse, reduce dan recycle (3R). Rencana titik TPS-3R akan dibangun di Puspo, Pohjentrek, Beji, dan Purwosari, serta dua titik di Prigen," ungkapnya.

Untuk teknis pelaksanaan pembangunan TPS 3R itu tidak dilakukan secara kontraktual seperti pada tahun sebelumnya. Akan tetapi pembangunan akan dilakukan secara swakelola oleh masyarakat penerima program. "Untuk pelaksanaan pembangunan ditangani oleh masyarakat atau desa penerima program," jelasnya.

berharap adanya pemambahan TPS 3R menjadi solusi mengatasi persoalan sampah di Kabupaten Pasuruan. Khususnya, sampah berskala rumah tangga, dengan konsep pengolahan, pemilahan, dan pendaurulangan sampah. Saat ini, jumlah TPS 3R sudah mencapai 40 unit. (par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO