Koarmada II Lantamal VI Sukses Gelar Latihan Tempur Laut di Barombong

Koarmada II Lantamal VI Sukses Gelar Latihan Tempur Laut di Barombong

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit Lantamal VI dalam mengamankan Alur Laut Kepulauan Indonesia II (ALKI II), Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., memerintahkan Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono S.H., M.Tr.Han., menggelar latihan untuk melatih prajuritnya sebagai bekal dalam penugasan, sehingga setiap kegiatan operasi dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

Latihan tempur laut yang dilaksanakan di Perairan Barombong Makassar, merupakan latihan rutin tingkat satuan, dengan metode mengintegrasikan Satuan Kapal Patroli Lantamal VI (Satrol Lantamal VI) dan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan VI) Makassar, Rabu (06/03/2019).
Komandan Satrol (Satuan Patroli) Lantamal VI Makassar Kolonel Laut (P) Bayu Trikuncoro selaku pemimpin latihan mengatakan bahwa latihan tempur laut ini digelar berdasarkan perintah latihan Panglima Laksamana Muda TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si.

Lebih lanjut dikatakan, latihan tempur laut ini bertujuan untuk menilai tingkat kesiapan Satrol Lantamal VI dan Yonmarhanlan VI Makassar dalam mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan dan pidana di laut, di samping mengukur tingkat kemampuan standar yang harus dimiliki oleh satuan TNI AL yang dikemas dalam skenario mengatasi pembajakan kapal dan dirangkai dengan pembebasan ABK kapal yang disandera.

Latihan tempur laut di Barombong tersebut menggabungkan kemampuan unsur laut dalam menembak sasaran permukaan, latihan prosedur pemeriksaan kapal, Visit Boarding Search and Seizure (VBSS) dan latihan manuver taktis serta kemampuan tim pendarat dalam raid amfibi yang melibatkan 3 regu marinir, lanjut Dansatrol Lantamal VI.

Total 120 pers Satrol Lantamal VI dan Yonmarhanlan VI Makassar mengikuti latihan tersebut dengan melibatkan 2 KAL, 2 Patkamla dan 1 Searider. "Latihan tempur tersebut berjalan lancar dan baik," ujar Dansatrol Lantamal VI.

Pangkoarmada II berpesan agar di setiap kegiatan senantiasa diawali dengan berdoa agar diberikan keselamatan, kelancaran, keamanan dan keberhasilan oleh Allah SWT.

Turut hadir dalam latihan tempur laut di Barombong tersebut Dandenma Lantamal VI Letkol Marinir Akhmad Mukhroji S.Pd., M.A.P. dan Pasop Yonmarhanlan VI Makassar. (dev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO