Rabu, 21 Agustus 2019 04:30

Bantu Pasarkan Produk, Pemkab Pamekasan Gandeng Kominfo Luncurkan UMKM Go Online

Rabu, 27 Februari 2019 21:21 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Erry Sugianto
Bantu Pasarkan Produk, Pemkab Pamekasan Gandeng Kominfo Luncurkan UMKM Go Online
Bupati Pamekasan saat memberikan batik Pamekasan kepada rombongan Kementerian Komunikasi dan Informasi RI.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur mulai memfasilitasi pemasaran produk usaha mikro, kecil, dan menengah meluncurkan program "UMKM Go Online".

Kemenkominfo memberikan pelatihan kepada UMKM cara jual beli melalui online yang juga dihadiri Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakil Bupati Pamekasan Raja'e, serta kepala OPD terkait. Pelatihan ini dilaksanakan di Pendopo Ronggosukowati, Kabupaten Pamekasan, Rabu (27/02/19) pagi.

Menurut Baddrut Tamam, UMKM Go Online ini sebagai upaya pemerintah untuk membantu pemasaran produk hasil kerajinan masyarakat Pamekasan kepada masyarakat luas.

"UMKM Go Online ini juga akan menjadi wadah efektif bagi pelaku UMKM kita dalam memasarkan hasil produknya, sekaligus akan menjadi 'millennial talent hub' bagi generasi muda kreatif di Pamekasan ini," kata Baddrut Tamam dalam acara tersebut.

Ia menjelaskan, 'millennial talent hub' memiliki peran untuk memberikan wadah kepada kaum muda Pamekasan, yang akan berkiprah di dunia wirausaha, termasuk juga, akan menjadi wadah belajar bersama, untuk mengembangkan jual online di Pamekasan.

"Untuk mendorong itu, semua, maka pemkab perlu membentuk pusat bakat milenial (millennial talent hub), sehingga para generasi milenial kita nanti bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi informasi ini secara bijak dan bernilai ekonomis," katanya.

Bupati dalam kesempatan itu juga menjelaskan, bahwa pencanangan UMKM Go Online sebagai bentuk turunan dari program aplikasi berbasis daring yang telah diluncurkan di Pamekasan dalam bidang pelayanan publik, yakni "Pamekasan Smart".

"Terima kasih kepada Kominfo yang telah bersedia membantu Pamekasan daerah pamekasan dalam program 'UMKM Go Online' ini," ucap Baddrut Tamam

Program ini sebagai upaya untuk mendukung program 10.000 pengusaha baru yang dicanangkan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Wakilnya Raja'e dalam lima tahun ke depan.

Sementara perwakilan dari Kementerian Kominfo Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Septriana Tangkary, mengaku yakin Pamekasan bisa memberdayakan UMKM yang ada.

"Dengan kolaborasi antara kerajinan seperti batik dan lainnya, saya yakin miniatur indonesia ada di sini. Saya melihat batik Pamekasan yang sangat indah dan bagus yang bisa membawa nama Pamekasan," ungkapnya.

Ia berharap, para pengrajin dan pengusaha muda di sini bisa memanfaatkan UMKM Go Online. "Dengan adanya ini akan meningkatkan pendapatannya," pungkasnya. (err/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...