Narapidana Lapas Sidoarjo Kabur, Tertangkap Lagi Ketahuan Sembunyi di Lemari

Narapidana Lapas Sidoarjo Kabur, Tertangkap Lagi Ketahuan Sembunyi di Lemari Rudi Kristiawan, Kasubsi Bimkemaswat Lapas Klas IIA Sidoarjo, saat mengamankan narapidana yang kabur.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Satu narapidana Lapas Klas IIA Sidoarjo atas nama Hadi Supriyanto dilaporkan kabur, Rabu (20/2) sore tadi sekira pukul 16.00 WIB. Narapidana kasus perlindungan anak itu berhasil melarikan diri saat menjalankan tugasnya sebagai tamping pembuang sampah.

Rudi Kristiawan selaku Kasubsi Bimkemaswat Lapas Klas IIA Sidoarjo menjelaskan kronologi kaburnya napi asal Keboan Sikep, Kec. Gedangan, Sidoarjo itu.

Berawal saat Hadi Suprianto menjalankan tugasnya membuang sampah sore hari dengan dikawal petugas Lapas. Sampah itu hendak dibuang keluar Lapas.

Namun, pada saat sudah selesai membuang sampah dan mau masuk pintu P2U, tiba-tiba narapidana tersebut meminjam korek kepada temannya. "Lalu ketika temannya menjawab 'tidak punya korek' langsung narapidana tersebut lari ke arah jalan raya dan mencopot serta membuang bajunya. Narapidana itu diketahui kabur ke arah Utara Alun-alun," terang Rudi.

Melihat kejadian tersebut, petugas pengawal langsung lari mengejar, sementara sebagian petugas lainnya melapor kepada petugas jaga yang ada di dalam lapas.

Sedangkan pejabat struktural seperti Kepala KPLP, Kasi Kamtib, Kasubsi Bimkemaswat, Kasubsi Registrasi, Kasubsi Portatib, dan Kasubsi Kamtib, serta petugas lainnya langsung berinisiatif mencari data di SDP dan segera menyebar melakukan pengejaran.

Setelah mendapat data alamat rumah dan keluarga sang napi, yakni di jl. R. Achmad, Gedangan, Rudi Kristiawan segera meluncur ke lokasi mengendarai mobil. Ia tiba di alamat tersebut sekitar pukul 16.30 WIB.

"Setelah sampai di depan masjid besar Gedangan, saya berhenti dan melihat kecurigaan orang yang memakai kaos kuning dan topi sambil didampingi anak kecil memakai kaos biru yang ternyata adek kandung narapidana tersebut," cerita Rudi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO