Ada Dana Hibah APBD Pacitan ke NGO Greenwave pada Peringatan HPSN 2019?

Ada Dana Hibah APBD Pacitan ke NGO Greenwave pada Peringatan HPSN 2019? Bukti surat pengunduran diri empat anggota NGO Greenwave.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kasak-kusuk terkait unjuk kerja sama antara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pacitan dengan NGO Greenwave soal kegiatan hari peduli sampah nasional (HPSN) tahun 2019 menyeruak.

Hal tersebut disebabkan, adanya dugaan suntikan dana hibah yang bersumber dari APBD senilai Rp 77 juta kepada NGO Greenwave untuk menunjang aksi memperingati HPSN tersebut. Di sisi lain, NGO yang pernah menjadi promotor penandatanganan 7 MoU soal tata kelola sampah dan lingkungan pada HPSN tahun 2018 lalu tersebut dikabarkan tengah mengalami persoalan internal.

Empat ketua krida Greenwave dikabarkan mundur dari keanggotaan. Dan hingga detik ini, belum dilakukan adendum/perubahan terhadap akta pendirian. Selain itu seluruh personel Greenwave ditengarai juga tidak memiliki basic keilmuan atau pengalaman soal lingkungan maupun tata kelola sampah.

"Setahu kami tidak ada personal di Greenwave yang memiliki kompetensi akademik lingkungan maupun tata kelola sampah," ujar Reksi Suryanita, salah satu dari empat ketua krida di Greenwave yang telah mengundurkan diri, Sabtu (16/2).

Dia mengaku telah mengajukan pengunduran diri dari Greenwave secara tertulis sejak 16 Juli 2018 lalu. Begitu juga tiga rekan sejawatnya, yakni Ardha Nariswati Trenggono, Anita Bidaryati, dan Julian Tondo Wisudo. Namun sampai saat ini tak satu pun dari mereka yang menerima jawaban serta bukti perubahan akta pendirian.

"Sampai saat ini kami tidak tahu, apakah nama kami sudah dicoret dari akta pendirian atau belum. Namun yang pasti kami sudah sepakat mundur dari perkumpulan itu," terang Reksi.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Direktur Greenwave Webri Veliana, membantah tudingan penggunaan dana APBD. Sampai detik ini, ia mengatakan NGO yang dia kendalikan sama sekali tidak menerima dana hibah dari DLH senilai Rp 77 juta seperti yang dituduhkan itu.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO