Senin, 18 Maret 2019 23:54

Sidoarjo Raih Sakip Berpredikat A, OPD Diminta Genjot Kinerja

Rabu, 06 Februari 2019 23:03 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Sidoarjo Raih Sakip Berpredikat A, OPD Diminta Genjot Kinerja
PRESTASI: Bupati H Saiful Ilah saat menerima penghargaan Sakip berpredikat A dari Menpan-RB Syafruddin, di Banjarmasin, Rabu (6/2). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo menerima laporan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) dengan predikat A untuk RPJMD Tahun 2018.

Laporan Sakip ini diserahkan Menpan-RB kepada Bupati H Saiful Ilah, dalam acara Apresiasi dan Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Sakip Tahun 2018 Wilayah II, di Hotel Golden Tulip, Banjarmasin, Rabu (6/2).

Menpan-RB Syafruddin mengatakan, penerapan Sakip untuk mengevaluasi kegiatan agar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat. “Selain itu, berhubungan erat dengan pembentukan budaya kinerja berintegritas, bersih dan melayani,” tandasnya.

Kata Syafruddin, saat ini efisiensi anggaran dengan menerapkan Sakip di wilayah II mencapai puluhan triliunan rupiah. Pada Tahun 2017 penghematan mencapai Rp 22,3 triliun.

Diraihnya Sakip berpredikat A ini, tak membuat Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah terlena. Sebab mempertahankan nilai itu bukan perkara mudah. “Saya ingatkan kepada OPD untuk menggenjot kinerjanya,” tandas Abah Saiful.

Kata dia, selain berorientasi target, kerja yang dicapai juga harus sesuai dengan aturan administratif. Abah Ipul pun mengapresiasi jajarannya atas dicapainya kinerja yang memuaskan dengan diterimanya nilai evaluasi Sakip A.

"Saya minta prestasi ini ditingkatkan menjadi predikat AA. Budaya dan manajemen kinerja yang bagus dengan predikat memuaskan ini tahun depan jangan sampai turun. Kinerja lebih digenjot lagi," pinta Abah Saiful.

Selain Sidoarjo, penyerahan status Sakipi ini diberikan kepada Gubernur, Bupati/Wali Kota se-Indonesia wilayah II. Meliputi 11 Provinsi dan 150 kabupaten/kota se-Kalimantan, Lampung, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, serta DKI Jakarta.

Berdasarkan hasil evaluasi Kemenpan RB Tahun 2018, ada 215 kabupaten/kota dan 25 provinsi berhasil melakukan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintah. Untuk wilayah Jatim, ada 4 kabupaten yang mendapat predikat A. Di antaranya Kabupaten Sidoarjo. (sta/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 19 Februari 2019 16:59 WIB
BANGSAONLINE.com - Februari udah mau abis aja nih... Saygon Waterpark punya banyak banget promo menarik buat kalian di bulan Februari ini. Ayo... jangan sampai ketinggalan ya...1. Romantic Moment, Berdua Lebih HematBuat kalian yang dateng berdua sama...
Suparto Wijoyo
Rabu, 13 Maret 2019 10:54 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*HARI ini, 13 Maret 2019 ada agenda batas waktu Fraksi-fraksi di DPRD Provinsi Jawa Timur untuk memberikan pendapatnya kepada Pimpinan Dewan berkenaan dengan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pro...
Minggu, 17 Maret 2019 23:15 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag28. Wa-immaa tu’ridhanna ‘anhumu ibtighaa-a rahmatin min rabbika tarjuuhaa faqul lahum qawlan maysuuraanDan jika engkau berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhanmu yang engkau harapkan, maka kat...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...