Minggu, 26 Mei 2019 11:18

Sidoarjo Raih Sakip Berpredikat A, OPD Diminta Genjot Kinerja

Rabu, 06 Februari 2019 23:03 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Mustain
Sidoarjo Raih Sakip Berpredikat A, OPD Diminta Genjot Kinerja
PRESTASI: Bupati H Saiful Ilah saat menerima penghargaan Sakip berpredikat A dari Menpan-RB Syafruddin, di Banjarmasin, Rabu (6/2). foto: ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo menerima laporan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) dengan predikat A untuk RPJMD Tahun 2018.

Laporan Sakip ini diserahkan Menpan-RB kepada Bupati H Saiful Ilah, dalam acara Apresiasi dan Penyerahan Laporan Hasil Evaluasi Sakip Tahun 2018 Wilayah II, di Hotel Golden Tulip, Banjarmasin, Rabu (6/2).

Menpan-RB Syafruddin mengatakan, penerapan Sakip untuk mengevaluasi kegiatan agar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat. “Selain itu, berhubungan erat dengan pembentukan budaya kinerja berintegritas, bersih dan melayani,” tandasnya.

Kata Syafruddin, saat ini efisiensi anggaran dengan menerapkan Sakip di wilayah II mencapai puluhan triliunan rupiah. Pada Tahun 2017 penghematan mencapai Rp 22,3 triliun.

Diraihnya Sakip berpredikat A ini, tak membuat Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah terlena. Sebab mempertahankan nilai itu bukan perkara mudah. “Saya ingatkan kepada OPD untuk menggenjot kinerjanya,” tandas Abah Saiful.

Kata dia, selain berorientasi target, kerja yang dicapai juga harus sesuai dengan aturan administratif. Abah Ipul pun mengapresiasi jajarannya atas dicapainya kinerja yang memuaskan dengan diterimanya nilai evaluasi Sakip A.

"Saya minta prestasi ini ditingkatkan menjadi predikat AA. Budaya dan manajemen kinerja yang bagus dengan predikat memuaskan ini tahun depan jangan sampai turun. Kinerja lebih digenjot lagi," pinta Abah Saiful.

Selain Sidoarjo, penyerahan status Sakipi ini diberikan kepada Gubernur, Bupati/Wali Kota se-Indonesia wilayah II. Meliputi 11 Provinsi dan 150 kabupaten/kota se-Kalimantan, Lampung, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, serta DKI Jakarta.

Berdasarkan hasil evaluasi Kemenpan RB Tahun 2018, ada 215 kabupaten/kota dan 25 provinsi berhasil melakukan efisiensi dalam penyelenggaraan pemerintah. Untuk wilayah Jatim, ada 4 kabupaten yang mendapat predikat A. Di antaranya Kabupaten Sidoarjo. (sta/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 22 Mei 2019 11:24 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAYA menyaksikan penuh kagum terhadap para kompetitor yang menyorong sekehendaknya. Dengan nyaman menikmati gelisah rakyat yang sangat mayoritas. Para promotor pertandingan tergiring dalam alun langkahnya dengan kosa laku yang...
Sabtu, 18 Mei 2019 12:13 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag41. Walaqad sharrafnaa fii haadzaa alqur-aani liyadzdzakkaruu wamaa yaziiduhum illaa nufuuraanDan sungguh, dalam Al-Qur'an ini telah Kami (jelaskan) berulang-ulang (peringatan), agar mereka selalu ingat. Tetapi (p...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Jumat, 17 Mei 2019 16:44 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...