Minggu, 17 Februari 2019 09:52

​Paus Francis Akui Ada Biarawati Jadi Budak Seks para Imam dan Uskup

Rabu, 06 Februari 2019 22:34 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: --
​Paus Francis Akui Ada Biarawati Jadi Budak Seks para Imam dan Uskup
Paus Francis. foto: mirror.co.uk

BANGSAONLINE.com - Paus Fransiskus mengakui kerap terjadi pelecehan seksual kepada biarawati. Hal ini disampaikan, dalam perjalanan kembali dari Abu Dhabi. Ia saat itu menjawab pertanyaan wartawan tentang artikel majalah bulanan Vatikan, pekan lalu, tentang pelecehan biarawati di Gereja Katolik.

Paus Francis mengakui terdapat pelecehan seksual biarawati oleh para imam, bahkan ada di antara biarawati yang menjadi budak seks.

Paus, yang kepausannya ditandai dengan upaya untuk menumpas krisis global atas pelecehan seksual terhadap anak-anak oleh imam Katolik, mengatakan berkomitmen untuk menghentikan pelecehan itu.

Baru-baru ini, gerakan MeToo mendorong para biarawati untuk mengungkapkan pelecehan yang dilakukan para imam dan uskup. Tahun lalu, Pemimpin the International Union of Superiors - yang mewakili lebih dari 500 ribu biarawati Katolik - mendesak anggota mereka untuk melaporkan pelecehan.

"Memang benar ... ada imam dan bahkan uskup yang telah melakukan ini. Saya pikir itu masih terjadi karena sesuatu tidak berhenti begitu saja. Kami fokus menangani ini sejak lama. Kami telah menangguhkan beberapa imam karena ini," kata Paus Francis.

Paus Francis mengatakan, mantan Paus Benediktus membubarkan ordo religius wanita tak lama setelah pemilihannya sebagai paus pada 2005. "Karena perbudakan telah menjadi bagian darinya (ordo religius), bahkan perbudakan seksual di pihak imam dan pendiri."

Dia tidak menyebut nama kelompok itu, tetapi juru bicara Vatikan Alessandro Gisotti mengatakan itu adalah perintah Francis. Sebelum menjadi Paus, Benediktus adalah Kardinal Joseph Ratzinger, kepala the Congregation of the Doctrine of the Faith, departemen Vatikan yang menyelidiki pelecehan seksual.

Setelah menjadi Paus, Ratzinger membuka kembali penyelidikan dan membubarkannya.

Paus Francis telah memanggil para uskup dari seluruh dunia ke pertemuan puncak akhir bulan ini di Vatikan, untuk menemukan formula, bagaimana melindungi anak-anak dari pelecehan seksual oleh para pendeta.

Sumber: mirror.co.uk
Tim PSC Dinkes Pacitan Siaga 24 Jam, Apa Saja Tugasnya?
Jumat, 01 Februari 2019 06:27 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan mempunyai tim public safety center (PSC) yang siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apa saja tugas tim ini? Simak video berikut.
Rabu, 06 Februari 2019 13:59 WIB
JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Menambah jumlah destinasi wisata buatan, sebuah desa di Jombang mengembangkan destinasi wisata tanaman. Di areal wisata ini, pengelola menyuguhkan ratusan aneka tanaman bunga yang menarik dan indah. Selain keindahan wisata...
Suparto Wijoyo
Rabu, 13 Februari 2019 10:28 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU, 13 Februari 2019 ini, Bude Khofifah Indar Parawansa dan Mas Emil E. Dardak dilantik di Istana Negara sebagai Gubernur-Wakil Gubernur periode 2019-2024. Ucapan selamat dan senyum mengembang diragam kesempatan beliau yang me...
Sabtu, 16 Februari 2019 11:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 24وَاخْفِضْلَهُمَاجَنَاحَالذُّلِّمِنَالرَّحْمَةِوَقُلْرَّبِّارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيٰنِيْصَغِيْرًاۗWaikhfidh...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...