Rabu, 21 Agustus 2019 06:32

Sidak ke PT. Temprina, Ketua KPU RI Pastikan Pencetakan Surat Suara Lancar

Minggu, 20 Januari 2019 16:54 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Sidak ke PT. Temprina, Ketua KPU RI Pastikan Pencetakan Surat Suara Lancar
Ketua KPU RI Arief Budiman memberikan keterangan pers saat mengunjungi PT. Temprina. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua KPU RI Arief Budiman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke percetakan PT. Temprina di Desa Sumengko, Kecamatan Wringinanom, Minggu (20/1). Sidak itu dilakukan untuk memastikan bahwa pencetakan surat suara dan formulir berjalan lancar.

Sidak orang nomor 1 di KPU RI kali ini didampingi oleh anggota Komisi II DPR RI Zainudin Amali, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Harjono, dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Abhan.

Selain ke Gresik, Arief Budiman juga akan melakukan hal serupa ke Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Sebab dalam pengadaan surat suara dan formulir, Arief menjelaskan KPU RI telah menetapkan 6 konsorsium (perusahaan gabungan) untuk mengerjakan pencetakan surat suara, dan bergabung dengan 35 perusahaan.

Khusus di PT. Temprina total 939.979 juta surat suara yang dicetak. Jumlah surat suara sebanyak itu diperuntukkan untuk 9 provinsi, meliputi Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, Bengkulu, Jawa Tengah, dan sejumlah provinsi lain.

KPU RI, kata Arief, menargetkan seluruh surat suara dan formulir KPU pada 11 Maret 2019 sudah tercetak. "Setelah itu, sesuai schedule pada 15-16 Maret surat suara dan formulir didistribusikan ke KPU kabupaten dan kota. Kemudian dilakukan penyortiran sebelum dimasukkan ke kotak suara. Cetak surat suara maupun pendistribusiannya kami tetap memprioritaskan tepat waktu, tepat kualitas, serta tepat distribusi," imbuhnya.

Sementara untuk distribusi surat suara, Arief berpesan agar tidak sampai tertukar. "Untuk Dapil yang terdaftar ada 2.592 Dapil. Untuk itu, tak boleh salah saat produksi dan pendistribusiannya," pungkasnya.

Sementara Zainudin Amali menambahkan, kedatangannya di Gresik bersama Ketua KPU RI ingin memastikan kalau tahapan Pemilu 2019 yang dilaksanakan sudah berjalan sesuai dengan Undang-Undang PKPU RI.

"Pemilu 2019 ini merupakan pengalaman pertama pemilu dijadikan satu baik pileg, pilpres, DPD dan DPRD Provinsi maupun kota dan kabupaten. Menurut saya KPU RI dalam penyelenggaraan Pemilu serentak ini banyak lakukan penghematan," pungkas politikus Golkar ini. (hud/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 09 Agustus 2019 19:52 WIB
KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Kediri memiliki destinasi wisata baru bernama Dewi Cemara. Obyek wisata berbasis pertanian dan peternakan di Desa Kedung Malang, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri ini telah diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur...
Minggu, 11 Agustus 2019 17:36 WIB
Oleh: Em Mas’ud AdnanPeta politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Kota Surabaya kembali berubah. Awalnya ada tiga kekuatan kubu politik di internal PDIP Kota Surabaya. Kubu Wihsnu Sakti Buana (wakil wali kota Surabaya), Bambang...
Senin, 19 Agustus 2019 01:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag58. wa-in min qaryatin illaa nahnu muhlikuuhaa qabla yawmi alqiyaamati aw mu’adzdzibuuhaa ‘adzaaban syadiidan kaana dzaalika fii alkitaabi masthuuraanDan tidak ada suatu negeri pun (yang durhaka penduduk...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...