Jelang Nataru, Petugas Gabungan Cek Kelaikan Armada Bus di Terminal Kota Blitar

Jelang Nataru, Petugas Gabungan Cek Kelaikan Armada Bus di Terminal Kota Blitar

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Petugas dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Blitar Kota dan Dinas Perhubungan Kota Blitar melakukan uji kelaikan armada bus di Terminal Patria Kota Blitar, Kamis (20/12/2018).

Kasatlantas Polres Blitar Kota AKP Bayu Halim Nugroho mengungkapkan tes kelaikan armada bus ini untuk memastikan keselamatan penumpang. Utamanya menjelang libur natal dan tahun baru. Serta sebagai upaya meminimalisir pelanggaran yang memicu terjadinya kecelakaan.

"Keselamatan penumpang adalah prioritas utama. Untuk itu, kami bekerja sama dengan Dishub, BNNK, dan Dinkes Kota Blitar melaksanakan uji kelaikan armada bus di Terminal Patria Kota Blitar," papar Bayu Halim Nugroho.

Bayu Halim mengatakan, poin-poin pemeriksaan dalam uji kelaikan ini meliputi administrasi kendaraan, fisik kendaraan, dan kesehatan pengemudi. Untuk kesehatan pengemudi, Dinkes Kota Blitar melakukan tes urine dan pemeriksaan kesehatan.

"Untuk armada bus ada satu armada yang menyalahi izin trayek, untuk kesehatan dan tes urine pengemudi sejauh ini belum ada temuan, baik yang mengkonsumsi narkoba maupun minuman beralkohol," paparnya.

Selain angkutan orang, petugas juga memberhentikan angkutan barang yang melintas di depan terminal Patria Kota Blitar. Sama seperti angkutan orang, pengemudi angkutan barang juga diminta melakukan tes urine dan tes kesehatan. Sementara armadanya juga diuji cek kelaikanya.

"Ke depan kegiatan ini akan dilakukan secara rutin baik untuk angkutan barang maupun angkutan orang, tidak hanya menjelang libur natal dan tahun baru. Hal ini sebagai upaya kontrol untuk meminimalisir pelanggaran dan kecelakaan angkutan umum," pungkasnya. (ina/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO