Pesona 1.000 Hadrah Meriahkan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kabupaten Pamekasan

Pesona 1.000 Hadrah Meriahkan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kabupaten Pamekasan

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengelar pesona seribu hadrah yang dipusatkan di area arek lancor, Jum'at (30/11) malam.

Para penabuh hadrah yang berasal dari berbagai kelompok mulai dari santri, pelajar tingkat SD, hingga masyarakat umum memeriahkan pesona 1.000 hadrah. Berbagai lagu-lagu islami dan sholawat menggema di tengah kota gerbang salam.

Acara ini dihadiri langsung oleh Bupati , Baddrut Tamam. Dalam sambutannya, ia sangat mengapresiasi kegiatan kesenian hadrah. Menurutnya, acara tersebut mampu mempertemukan dan mempersatukan seluruh elemen ummat Islam.

"Karenanya kecintaan kita kepada hadrah harus juga dibarengi dengan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Kecintaan kita pada tradisi dan nilai-nilai ajaran Islam juga harus dibarengi dengan bagaimana menciptakan etos dan semangat mendorong yang rajjah, bejjrah, dan parjugah untuk hebat," ujar mantan anggota DPRD Jatim ini.

Baddrut berharap, pesona 1.000 hadrah ini bisa menjadi kegiatan rutin dalam peringatan maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Selain itu, ia juga berharap Dinas Pariwisata dan Kebudayaan nantinya tidak hanya mengadakan kegiatan hadrah saja, tapi tahun depan bisa juga menampilkan festival lainnya, misalnya festival samman. "Sehingga dapat menjadi tontonan yang menghibur sekaligus melestarikan tradisi," katanya.

"Sebagai daerah yang berjargon Bumi Gerbang Salam, tidak salah kalau tahun depan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bisa melaunching tempat wisata Syar'i di Kabupaten . Beberapa kegiatan wisata religi yang mengedukasi semua generasi untuk kemudian menjadi lebih pamekasan hebat," pungkasnya.

Dalam acara itu, Baddrut Tamam bersama Forkopimda juga sempat bersama-sama menabuh alat musik hadrah.

Selain Bupati, turut hadir Pj. Sekda Moh. Alwi, Forkopimda, Kadisparbud Achmad Syaifuddin, beberapa kepala OPD, serta para undangan dan ratusan penonton yang memadati area arek lancor. (err/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO