KRI GNR-332 dan KRI TOM-357 Peringati Hari Pahlawan di Singapura

KRI GNR-332 dan KRI TOM-357 Peringati Hari Pahlawan di Singapura

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - KRI I Gusti Ngurah Rai-332 yang dikomandani Kolonel Laut (P) Endra Hartono dan KRI Bung tomo-357 dengan komandan Kolonel Laut (P) Amrin Rosihan Hendrotomo yang tergabung dalam Satgas Operasi Jala Gardapati 18, dalam Satuan Tugas (Satgas) Port Visit 2018 memperingati Hari Pahlawan bertempat di dermaga Changi Singapura, Sabtu (10/11/2018).

Suasana sederhana namun khidmat tampak dalam upacara peringatan Hari Pahlawan yang diperingati oleh seluruh ABK KRI GNR-332 dan ABK KRI TOM-357 di geladak helly KRI GNR- 332, meski dalam melaksanakan tugas Port Visit 2018. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan KRI GNR-332 Kolonel Laut (P) Endra Hartono, dan Komandan Upacara Mayor Laut (E) M. Arief Isnaini, S.T.,

Dalam amanat Menteri Sosial Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si., yang dibacakan Komandan KRI GNR-332 menyampaikan, setiap tahun pada tanggal 10 November, bangsa lndonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya pada 73 tahun silam. Saat itu terjadi perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

"Di bulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah, serta pengorbanan tanpa pamrih para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya," papar Kolonel Endra Hartono.

"Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi. Namun, subtansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Untuk itu, Komandan KRI GNR-332 mengajak kepada seluruh peserta upacara untuk berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. "Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara."

"Selamat Hari Pahlawan Tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita," pungkasnya.

Port Visit ini merupakan kegiatan rutin tahunan TNI AL dalam rangka memelihara hubungan antar negara khususnya dengan negara-negara yang memiliki hubungan bilateral dengan Indonesia, atau yang memiliki kerja sama dengan TNI/TNI Angkatan Laut maupun negara-negara yang berpotensi sebagai pasar bagi industri pertahanan strategis Indonesia serta negara-negara yang berpotensi besar bagi promosi pariwisata Indonesia.

Pada Port Visit tahun 2018 ini, TNI AL mengirimkan 2 unsur kapal perang yaitu KRI Bung Tomo-357 dan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 untuk melaksanakan kunjungan ke 4 negara yakni Changi (Singapura), Lumut (Malaysia), Sattahip (Thailand) dan Bandar Seri Begawan (Brunei Darussalam). Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 30 Oktober s.d. 14 Desember 2018. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama berada di Singapura, Malaysia, Thailand dan Brunei Darussalam antara lain Courtesy Call, Cocktail Party, dan olahraga bersama. (*/red)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO