Biar BAB Tak Sembarangan, Pemkab Pasuruan Gelontorkan Dana Rp 4,1 M

Biar BAB Tak Sembarangan, Pemkab Pasuruan Gelontorkan Dana Rp 4,1 M

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Program jamban yang digagas Pemkab pada tahun 2018 sebanyak 2.780 unit yang tersebar di 19 kecamatan di wilayah Kabupaten Pasuruan progres pembangunannya baru mencapai 50 persennya saja. 

Sementara sisanya 50 persen lagi masih belum ditangani karena masih dalam proses pengadaan material yang dilakukan Pemkab Pasuruan.

Menurut keterangan Kepala Bidang Pengembangan Air Bersih dan Limbah Lingkungan Permukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Ichwan Adi menjelaskan, program jamban untuk tahap I di 13 Kecamatan sudah rampung.

”Untuk tahap pertama sudah rampung,saat ini proses pengadaan material untuk tahap II di 6 kecamatan dalam waktu dekat segara dilanjutkan kembali,“ jelasnya kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (18/10).

Ia menambahkan untuk pengerjaan jamban memang proses pengerjaan dan upah di tanggung oleh pihak penerima atau desa sasaran. Pihak pemerintah hanya menyediakan material saja.Meski demikian Dinas melakukan pendampingan agar teknis pemasangan jamban sesuai persyaratan teknis.

Di singgung soal sisa waktu yang tinggal 2 bulan lebih, Nanang tetap optimis program tersebut tidak akan mengalami keterlambatan.Pasalnya,  program memang sangat membantu masyarakat miskin yang selama ini belum bisa menyediakan jamban yang sehat.

“Sisa waktu yang ada masih cukup. Mudah-mudahan tidak ada keterlambatan sebelum akhir tahun,” imbuhnya.

Dalam program tersebut, Pemkab Pasuruan menggelontorkan anggaran yang tidak kecil. Dana Rp 4,1 miliar telah disiapkan untuk menyokong program masyarakat agar tidak BAB sembarang. (bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO