Senin, 17 Mei 2021 03:35

Gua Jenggung Pacitan, Laksana Berlibur ke Turki

Kamis, 04 Oktober 2018 13:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Gua Jenggung Pacitan, Laksana Berlibur ke Turki
Pemandangan di dalam Gua Jenggung yang begitu mempesona.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gua Jenggung, begitulah nama yang diberikan kepada gua yang baru ditemukan di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Saat melihat keindahan stalaktit maupun stalagmit di dalam Gua Jenggung, laksana berlibur ke Turki. Betapa tidak, pancaran bebatuan dari dalam gua tak ubahnya seperti pasir emas yang berkilau saat tersentuh terangnya cahaya.

"Fenomena ini layaknya bebatuan yang ada di Turki. Indah berkilau, apalagi saat terkena cahaya lampu. Stalagmit maupun stalaktit yang ada di Gua Jenggung itu memancar seperti pasir emas. Tentu ini sebuah mahakarya sang pencipta yang kebetulan ada di Pacitan," ujar Endang Surjasri, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan, memberikan sekilas gambaran Gua Jenggung, Kamis (4/10).

Menurut Endang, gua tersebut mungkin jauh lebih indah dari Gua Gong yang selama ini dikenal sebagai gua terindah di Asia Tenggara. Hanya saja, sejauh ini Pemkab Pacitan belum bisa berbuat lebih untuk membuka obyek wisata baru tersebut. Selain kendala kemampuan anggaran dan SDM, juga status lahan yang perlu penelusuran lebih lanjut.

BACA JUGA : 

Pemerintah Pusat dan Provinsi Gelontorkan Ratusan Juta Rupiah untuk Sarpras di Sentono Gentong

Kunjungan Wisata ke Pacitan Terus Merosot, PAD Baru Tercapai 30 Persen

Perlu Pengembangan Wisata Religi di Pacitan

Pacitan Perlu Menjual Wisata Lain Selain Panorama

"Kita belum ketahui, lokasi gua tersebut apakah berada di lahan milik desa atau milik perseorangan. Ini yang harus kita ketahui dulu," jelasnya.

Selain status lahan, Endang juga menyebutkan ada sejumlah persyaratan teknis yang harus dipenuhi untuk membuka kawasan gua sebagai obyek wisata yang diperuntukan umum.

"Kita perlu banyak kajian untuk bisa membuka lokasi gua tersebut sebagai DTW (daerah tujuan wisata). Banyak hal-hal teknis yang harus dipenuhi, utamanya terkait keselamatan pengunjung," urai pejabat jebolan IPDN ini pada pewarta.

Bicara soal estetika, Endang menyatakan, gua tersebut dimungkinkan bakal mengungguli Gua Gong, seandainya nanti bisa dibuka untuk umum. "Kita terasa seperti berkunjung ke Turki. Bebatuannya sangat indah dan mengesankan sekali," pujinya. (yun/rev)

Artis Greta Garbo Ajak Nikah ​Albert Einstein
Rabu, 12 Mei 2021 04:07 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 30 mereview cerita Gus Dur tentang fisikawan Albert Eintein dan model cantik Greta Garbo. “Anekdot ini saya ambil dari buku berjudul Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura,...
Sabtu, 15 Mei 2021 22:16 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bunga tabebuya, khususnya yang berwarna kuning, bermekaran lagi di jalanan Kota Surabaya. Bunga berwarna kuning indah itu semakin mempercantik jalanan, terutama jalan protokol pada saat Idul Fitri atau lebaran kali i...
Minggu, 16 Mei 2021 05:46 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Pembela utama korban kerusuhan 13 Mei 1998 adalah Ita Fatia Nadia. Aktivis perempuan ini kenyang teror. Bahkan ia pernah diancam oleh Jenderal Sintong Panjaitan.Ancaman itu dilakukan sang jenderal di Istana. Saat Fatia ...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Jumat, 14 Mei 2021 10:11 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...