Kepel Kultur Festival Percepat Wisata Desa

Kepel Kultur Festival Percepat Wisata Desa Salah satu kesenian jaranan yang ditampilkan dalam Kepel Kultur Festival.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Desa yang keberadaanya di daerah Lingkar Wilis Kabupaten Madiun memiliki peran yang vital untuk mendongkrak pariwisata daerah. Didukung dengan destinasi wisata pegunungan, hutan kuliner, dan budayanya.

Banyak desa yang sudah mulai menggarap dengan serius potensi wisata yang ada, salah satunya di desa Kepel, dengan mengadakan Kepel Kultur Festival, yang diikuti 18 peserta dari siswa perwakilan dusun, ormas,  dan juga dari PT. PLN PJUP Brantas PLTA Giringan

Kepala Desa Kepel, Sungkono menjelaskan Kepel Kultur Festival merupakan kegiatan tahunan desa menyambut 1 Muharam. Acara tersebut tahun ini dikemas lebih spektakuler, beragam budaya ditampilkan untuk mewujudkan desa wisata yang meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kami berharap event ini bisa menjadi event nasional bahkan bisa lebih dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat dalam rangka menuju wisata desa kepel yang maju dan sejahtera,” jelas Sungkono.

Sungkono menjelaskan, Kepel Kultur Festival juga mengangkat kolaborasi antara seni ketoprak dan ludruk yang diberi nama Kedruk di mana budaya ini diangkat untuk memberi ciri baru Madiun sebagai daerah mataraman yang dalam hal ini terpengaruh antara budaya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sehingga, Kedruk ini bisa menjadi ciri khas yang ada dan dari segi kualitas yang akan ditingkatkan.

Sungkono berharap bisa mewujudkan pariwisata yang sustainable yang berkelanjutan, tidak hanya momen sesaat. Sehingga kewenangan yang ada di pemkab untuk mendukung mewujudkan sebuah desa wisata didukung penuh.

“Dari Bupati kami optimis, sebab di Madiun sudah ada sebuah dokumen perencanaan pariwisata yang diberi nama Riparda Kabupaten Madiun yang akan mewujudkan desa di Kabupaten Madiun sebagai desa wisata,“ tandas Sungkono. (hen/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO