Pakde Karwo Terima IAA Award 2018, Mendagri Beri Apresiasi

Pakde Karwo Terima IAA Award 2018, Mendagri Beri Apresiasi Dr Soekarwo menerima penghargaan IAA 2018 kategori provinsi pelayanan publik predikat platinum yang diberikan oleh Mendagri. foto: ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo menerima penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award (IAA) 2018. Penghargaan ini diraih Pakde Karwo, sapaan lekatnya, karena Provinsi Jawa Timur dinobatkan sebagai provinsi terbaik di bidang pelayanan publik dengan peringkat platinum.

Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang didampingi Direktur Utama PT. Tempo Inti Media Tbk, Toriq Hadad dan CEO Frontier Consulting Group, Handi Irawan, saat malam penganugerahan IAA 2018 di Hotel JW Marriot Jakarta, Jumat (14/9) malam.

Menjawab pertanyaan wartawan usai menerima penghargaan ini, Pakde Karwo mengatakan bila suatu pemerintahan ingin meningkatkan kesejahteraan rakyatnya, syaratnya adalah dengan memberikan pelayanan publik yang baik. Proses ini diukur dari tiga hal, yakni biayanya murah, waktu pelayanannya cepat dan syaratnya sederhana.

"Selain syarat tadi, yang juga tidak kalah penting adalah semua harus transparan dan terukur," katanya.

Pemprov Jawa Timur, lanjutnya, terus mendorong peningkatan pelayanan publik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan melakukan reformasi birokrasi. Secara empirik reformasi birokrasi ini bisa dilakukan dengan syarat regulasi yang ada harus melayani masyarakat atau melakukan re-regulasi, yakni merubah regulasi yang menghambat menjadi regulasi yang melayani. Syarat lainnya adalah kepemimpinan atau leadership, serta didukung dengan sistem teknologi informasi atau IT.

"Kami juga melibatkan media sebagai tim pengawasan. Ini pilar keempat dalam demokrasi diletakkan disini," katanya.

Selain media, lanjut Pakde Karwo, masyarakat juga dilibatkan dalam pengawasan dan perumusan kebijakan, atau yang biasa disebut dengan partisipatoris.

Kemudahan pelayanan publik di Jatim, lanjutnya, membawa provinsi ini meraih berbagai penghargaan. Salah satunya dari Asia Competitiveness Institute (ACI) pada tahun 2017 yang menobatkan Jatim sebagai provinsi dengan tingkat kemudahan berbisnis nomor satu di Indonesia. Hasil ini berdasarkan tiga kategori penilaian yakni daya tarik investor, keramahan bisnis, dan kebijakan yang kompetitif.

Ditambahkannya, untuk meningkatkan pelayanan publik di Jatim ini, Pakde Karwo terus meningkatkan kapasitas SDM. Proses pembibitan SDM ini dilakukan sejak awal kepada anak-anak muda yang ada di Pemprov Jatim.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO