Minggu, 21 Juli 2019 14:30

Cawapres KH Ma'ruf Amin Bernostalgia Mengenang Saat Dirinya Menjadi Santri Tebuireng Jombang

Senin, 03 September 2018 18:10 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
Cawapres KH Ma
Cawapres KH. Ma'ruf Amin saat berziarah ke makam pendiri NU KH. Hasyim Asy'ari. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Calon Wakil Presiden (Cawapres) KH Ma’ruf Amin mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (3/9/2018).

Setibanya di Tebuireng, KH Ma’ruf disambut sejumlah pengurus pesantren, termasuk Wakil Pengasuh Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz. Sementara KH Salahuddin Wahid tidak tampak. Menurut informasi, adik kandung Presiden ke IV KH Abdurrahman Wahid itu sedang berada di Jakarta lantaran kondisi kesehatannya menurun.

Kedatangan Ma'aruf bersama Ketum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar disambut KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin selaku Wakil Pengasuh PP Tebuireng. Mereka sempat berziarah ke makam tokoh pendiri NU KH Hasyim Asy'ari di kompleks pesantren.

Pada kesempatan itu, Ma'ruf juga sempat menunjukkan tempat dulu dia menjadi santri di PP Tebuireng. Tentunya kondisi pesantren kini sudah jauh berbeda dibandingkan saat dirinya menuntut ilmu.

"Saya ini Rais Aam PBNU, nah sekarang saya kiai santri. Saat saya menjadi Wakil Presiden, saya harus kembali ke tempat saya dididik. Tebuireng ini saya lima sampai enam tahun nyantri di sini," kata Ma'ruf kepada wartawan di lokasi.

Kedatangan dirinya ke PP Tebuireng, kata Ma'ruf, sekaligus untuk memohon dukungan ke kalangan pesantren atas majunya sebagai Cawapres pendamping Jokowi di Pilpres 2019. Dia juga berharap mendapat berkah dari tokoh pendiri NU.

"Saya juga sowan ke pendiri NU. Saya Rais Aam PBNU yang dipilih jadi calon wakil presiden, saya harus sowan ke para kiai, ke almaghfirlahum yang sudah meninggal saya mohon barokahnya, ke pesantren mohon doanya, mohon dukungannya. Alhamdulillah semua kiai dan santri karena mereka merasa ini mewakili mereka," terangnya. (ony/rev)

Kamis, 11 Juli 2019 16:29 WIB
YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - Siapa pun pasti tersenyum membaca nama tempat wisata ini. Maklum, identik alat vital wanita: “Tempik Gundul” yang artinya alat vital wanita tanpa bulu. Apalagi tulisan yang beredar di media sosial (medsos) juga d...
Minggu, 14 Juli 2019 13:13 WIB
Oleh: Dr. KH. M. Cholil NafisBaru saja, Kamis (12/7) saya berpartisipasi dalam kegiatan Bussiness Matching The 1st Pasific Exposition yang berlangsung pada 11 s.d. 14 Juli 2019 di Auckland, Selandia Baru.Pacific Exposition merupakan salah satu kontri...
Kamis, 18 Juli 2019 13:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag57. Ulaa-ika alladziina yad’uuna yabtaghuuna ilaa rabbihimu alwasiilata ayyuhum aqrabu wayarjuuna rahmatahu wayakhaafuuna ‘adzaabahu inna ‘adzaaba rabbika kaana mahtsuuraanOrang-orang yang mereka seru itu, ...
Sabtu, 29 Juni 2019 14:36 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...